Kisi-kisi Soal UASBN SD/MI Tahun 2008

Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) SD/MI tahun 2008 ini merupakan uji coba (lagi). Mungkin kisi-kisi apa saja yang perlu dipelajari oleh siswa kelas 6 SD ini bermanfaat bagi bapak ibu pada saat membimbing putra-putrinya belajar di rumah.

Matematika (40 soal; 120 menit; bahan kelas 4,5, dan 6):

  1. Operasi hitung bilangan cacah: menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah (yang terdiri dari 3 angka atau lebih)
  2. Operasi hitung bilangan bulat (negatif dan positif): menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi bilangan bulat
  3. Operasi hitung campuran dalam soal cerita: menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah
  4. Operasi hitung pecahan: menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan atau pengurangan pecahan; menentukan hasil perkalian atau pembagian pecahan
  5. Pecahan: mengurutkan pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya, memuat lima bilangan yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
  6. Operasi Hitung Pecahan: menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran pecahan (sekurang-kurangnya 3 operasi hitung)
  7. Persen: menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan persen
  8. Faktorisasi prima: menentukan faktorisasi prima dari suatu bilangan
  9. FPB: menentukan FPB dari dua bilangan dua angka
  10. KPK: menentukan KPK dari dua bilangan
  11. Perbandingan: menentukan nilai perbandingan satu kumpulan benda dengan kumpulan benda lainnya
  12. Skala: menyelesaikan soal yang berkaitan dengan skala
  13. Perbandingan: menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan sebagai perbandingan
  14. Pangkat dan akar: menentukan hasil operasi hitung bilangan pangkat dua dan akar bilangan
  15. Satuan waktu: menentukan hasil penjumlahan/pengurangan beberapa ukuran waktu yang diberikan dengan satuan yang berbeda
  16. Satuan panjang: menentukan hasil penjumlahan/pengurangan beberapa ukuran panjang yang diberikan dengan satuan yang berbeda
  17. Satuan berat: menentukan hasil penjumlahan/pengurangan beberapa ukuran berat yang diberikan dengan satuan yang berbeda
  18. Satuan luas: menyelesaikan soal yang berkaitan dengan satuan luas
  19. Satuan volume: menyelesaikan soal yang berkaitan dengan satuan volume
  20. Sifat-sifat bangun dasar: disajikan sifat-sifat bangun datar, menentukan nama bangun datar tersebut
  21. Sifat-sifat bangun ruang: disajikan gambar bangun ruang, menentukan banyak dari salah satu unsur bangun ruang tersebut
  22. Pencerminan: menentukan hasil pencerminan yang benar
  23. Simetri putar: disajikan gambar bangun datar, menentukan salah satu bentuk gambar tersebut jika diputar beberapa derajat (900, 1800, 2700 ,dll)
  24. Simetri lipat: disajikan gambar bangun datar, menentukan banyak simetri lipatnya
  25. Keliling: disajikan gambar bangun datar beserta ukurannya, menentukan kelilingnya
  26. Luas: disajikan gambar bangun datar beserta ukurannya, menentukan luasnya
  27. Keliling: disajikan gambar gabungan bangun datar beserta ukurannya, menentukan kelilingnya
  28. Luas: disajikan gambar gabungan bangun datar beserta ukurannya, menentukan luasnya
  29. Luas permukaan bengun ruang sisi datar: disajikan gambar bangun ruang sisi datar beserta ukurannya, menentukan luas permukaannya
  30. Luas permukaan bangun ruang: menentukan luas permukaan bangun ruang yang mempunyai sisi lengkung (tabung, kerucut)
  31. Volume bangun ruang sisi datar: disajikan gambar bangun ruang sisi datar dengan ukurannya, menentukan volume bangun tersebut
  32. Volume gabungan bangun ruang: menentukan volume gabungan bangun ruang
  33. Sistem koordinat: menentukan letak titik pada bidang koordinat (grafik cartesius)
  34. Letak posisi titik dalam sistim koordinat: menentukan benda atau bangun datar yang terbentuk dari titik-titik koordinat yang diberikan
  35. Diagram garis: disajikan gambar diagram garis, menentukan salah satu unsur yang belum diketahui dari data tersebut
  36. Diagram batang: disajikan gambar diagram batang, menentukan unsur yang belum diketahui
  37. Mean (rata-rata): menentukan rata-rata dari suatu soal cerita
  38. Modus: disajikan data, menentukan modusnya.


IPA (40 soal; 120 menit; bahan kelas 4, 5, dan 6)

  1. Ciri-ciri makhluk hidup: disajikan sebuah gambar hewan/tumbuhan tertentu, menyebutkan salah satu ciri-ciri khususnya
  2. Penggolongan makhluk hidup: disajikan ciri-ciri beberapa hewan atau nama beberapa hewan, menggolongkan hewan tersebut berdasarkan ciri yang dimilikinya
  3. Cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan: menentukan cara perkembangbiakan hewan melalui beberapa sajiangambar/ciri-cirinya; disajikan sebuah gambar proses perkembangbiakan tumbuhan tertent, menyebutkan cara perkembangbiakan tumbuhan tersebut
  4. Manfaat hewan dan tumbuhan: menjelaskan akibat adanya pemanfaatan hewan tertentu secara berlebihan; menyebutkan bagian tumbuhan yang mempunyai manfaat tertentu (melalui penyajian kasus)
  5. Upaya pelestarian hewan dan tumbuhan langka: menentukan salah satu upaya pelestarian hewan atau tumbuhan (penyajian kasus)
  6. Interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya (rantai makanan, komunitas, simbiosis, dan ekosistem): menjelaskan keadaan populasi hewan dalam sebuah komunitas karena adanya gangguan terhadap komunitas tersebut; disajikan sebuah ilustrasi tentang ketergantungan 2 makhluk hidup yang berbeda, menentukan jenis simbiosisnya (mutualisme, parasitisme, komensalisme); menentukan kedudukan makhluk hidup dalam suatu rantai makanan/komunitas (produsen, konsumen I, II, III)
  7. Penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya: menentukan bentuk paruh unggas tertentu, sesuai dengan jenis makanannya melalui sajian beberapa gambar paruh; disajikan gambar tumbuhan tertentu, menyebutkan cara penyesuaian diri tumbuhan tersebut terhadap lingkungannya
  8. Rangka manusia, fungsi dan pemeliharaannya: disajikan gambar bagian rangka atau persendian pada manusia, menjelaskan fungsi rangka atau persendian tersebut
  9. Alat indera manusia, fungsi dan pemeliharaannya: disajikan gambar salah satu alat indera manusia, menentukan fungsi bagian alat indera yang ditunjukkan dengan tanda tertentu
  10. Alat pernafasan manusia dan hewan: menentukan jenis hewan yang memiliki alat pernafasan tertentu melalui sajian beberapa gambar
  11. Alat pencernaan makanan pada manusia: disajikan gambar saluran pencernaan manusia, menjelaskan proses pencernaan yang terjadi pada organ tertentu
  12. Alat peredaran darah pada manusia: menjelaskan fungsi salah satu jenis sel darah
  13. Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya: menentukan salah satu fungsi bagian tumbuhan (daun, batang, akar, dan buah)
  14. Kebutuhan tubuh untuk tumbuh sehat: menjelaskan peran zat gizi yang terkandung dalam makanan
  15. Penyakit dan pencegahannya: menyebutkan upaya pencegahan penyakit tertentu
  16. Perubahan wujud benda (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim) dan contohnya: disajikan ilustrasi perubahan wujud benda tertentu, menyebutkan jenis perubahan tersebut (mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim)
  17. Manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari): menunjukkan contoh menfaat perubahan wujudbenda dalam kehidupan sehari-hari
  18. Pengaruh suhu terhadap benda (memuai, penyusutan) contoh dan manfaatnya: disajikan contoh fenomena, menjelaskan pengaruh suhu terhadap suatu proses kegiatan
  19. Berbagai macam bentuk dan sumber energi: disajikan gambar alat tertentu/pernyataan, mengidentifikasi bentuk energi yang digunakan pada suatu kegiatan
  20. Cara penghematan energi: menjelaskan contoh cara menghemat energi tertentu (misalnya listrik, bahan bakar)
  21. Perubahan bentuk energi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari: disajikan gambar sebuah alat/pernyataan, menjelaskan bentuk perubahan energi dari alat tersebut
  22. Energi alternatif: menyebutkan contoh energi alternatif
  23. Macam-macam gaya, pengaruh dan manfaatnya: disajikan gambar kegiatan tertent, menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut
  24. Macam-macam pesawat sederhana, contoh dan manfaatnya: disajikan gambar kegiatan yang berhubungan dengan alat pesawat sederhana, menentukan tenaga terbesar/terkecil; disajikan gambar/fenomena, mengidentifikasi pesawat sederhana yang tepat digunakan sesuai gambar/fenomena
  25. Sifat-sifat cahaya: disajikan gambar percobaan peristiwa yang berkaitan dengan sifat-sifat cahaya, mengidentifikasi sifat cahaya yang terjadi pada peristiwa tersebut; menentukan pemantulan cahaya (sifat bayangan) melalui cermin tertentu (datar, cekung, cembung)
  26. Jenis-jenis sumber daya alam : disajikan tabel beberapa sumber daya alam, mengelompokkan sesuai jenisnya (dapat diperbaharui, tidak dapat diperbaharui)
  27. Manfaat sumber daya alam: menyebutkan contoh pemanfaatan sumber daya alam
  28. Pelestarian sumber daya alam: menyebutkan contoh upaya pelestarian sumber daya alam
  29. Gejala alam dan dampaknya bagi kehidupan: menjelaskan dampak gejala alam bagi kehidupan
  30. Sistem tata surya: disajikan gambar tata surya/ciri planet, menentukan nama planet tersebut
  31. Gerakan bumi dan bulan (rotasi dan revolusi): menyebutkan akibat dari rotas/revolusi bumi
  32. Gerhana matahari dan bulan: disajikan gambar peristiwa gerhana (bulan/matahari, menyebutkan jenis gerhana
  33. Sistem penanggalan (Masehi dan Hijriyah): menjelaskan dasar penentuan penanggalan (tahun Masehi atau Hijriyah)

Bahasa Indonesia (50 soal; 120 menit; bahan kelas 4,5,dan 6)

  1. Teks Bacaan: disajikan teks bacaan non sastra tanpa judul (3-4 paragraf, menentukan judul bacaan, menjawab pertanyaan tentang siapa, bagaimana, mengapa
  2. Paragraf: disajikan teks satu paragraph, menentukan ide pokok; menanggapi sesuai isi teks;
  3. Denah: disajikan denah suatu tempat, menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan arah pada denah
  4. Cerita rakyat: disajikan cerita rakyat, menentukan latar, amanat, watak salah satu tokoh, ringkasan cerita
  5. Kalimat Permintaan: disajikan ilustrasi dialog/percakapan, menentukan kalimat permintaan sesuai dengan ilustrasi yang disajikan
  6. Tata tertib sekolah: disajikan tata tertib sekolah, menyimpulkan isinya
  7. Formulir isian: disajikan data dan formulir isian, menentukan isian yang tepat
  8. Tanda baca: disajikan kalimat tanpa tanda baca, menentukan tanda baca yang tepat
  9. Kalimat majemuk: disajikan dua kalimat tunggal, menentukan kalimat majemuk yang sesuai
  10. Petunjuk pemakaian: disajikan petunjuk pemakaian sesuatu, menentukan maksud petunjuk tersebut
  11. Kalimat utama: disajikan sebuah paragraf, menentukan kalimat utama
  12. Sinonim: disajikan kalimat yang menggunakan kata tertentu, menentukan kalimat yang menggunakan sinonim kata tersebut
  13. Penggunaan imbuhan: disajikan kalimat rumpang, menentukan kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapinya
  14. Dialog: disajikan sebuah dialog, menentukan isi pembicaraan dalam dialog tersebut
  15. Kalimat acak: disajikan beberapa kalimat acak, menyusunnya menjadi paragraf cerita yang padu
  16. EYD: disajikan sebuah paragraf tanpa huruf kapital, menentukan beberapa kata yang seharusnya ditulis dengan huruf kapital; menentukan kalimat yang menggunakan tanda koma dengan tepat; menentukan kalimat yang menggunakan tanda seru dengan tepat
  17. Pantun: disajikan pantun yang belum lengkap 2 larik isinya, melengkapinya dengan tepat
  18. Melengkapi paragraf: disajikan sebuah paragraf tanpa kalimat topik, melengkapi dengan kalimat yang tepat
  19. Kalimat poster: disajikan gambar poster, menentukan kalimat poster dengan tepat
  20. Kalimat anjuran: menentukan kalimat anjuran sesuai dengan ilustrasi yang disajikan
  21. Isi teks: disajikan sebuah teks bacaan, menentukan isinya
  22. Tema: disajikan 4 paragraf sederhana, menentukan paragraf yang bertema sama
  23. Dongeng: disajikan sebuah dongeng, menentukan latar dongeng; menentukan tokoh utama dalam dongeng
  24. Tanda baca: disajikan teks dialog tanpa tanda baca, memberikan tanda baca yang tepat
  25. Kata depan: menentukan penulisan kata depan yang tepat dalam kalimat
  26. Antonim: disajikan kalimat yang menggunakan kata tertentu, menentukan kalimat yang menggunakan antonim kata tersebut
  27. Iklan: disajikan gambar suatu produk, peserta didik dapat menentukan kalimat iklan dengan tepat
  28. Kata ulang: menentukan kalimat yang menggunakan kata ulang dengan tepat
  29. Kalimat tanya: disajikan paragraf, menentukan kalimat tanya yang menggunakan kata tanya dengan tepat
  30. Penggunaan awalan: disajikan kalimat rumpang, melengkapinya dengan kata berawalan yang tepat
  31. Surat: disajikan sebuah surat yang belum lengkap, melengkapi dengan kalimat yang tepat
  32. Deskripsi benda: disajikan sebuah gambar, menentukan kalimat deskripsi yang tepat
  33. Melengkapi dialog: disajikan dialog yang belum lengkap, melengkapinya dengan kalimat yang tepat
  34. Tema cerita: disajikan cerita rekaan, menentukan temanya
  35. Melengkapi cerita: disajikan penggalan cerita yang belum lengkap, melengkapi dengan kalimat yang tepat
  36. Kalimat efektif: menentukan kalimat efektif yang tepat
  37. Kerangka laporan: disajikan susunan kerangka laporan secara acak, mengurutkannya dengan tepat
  38. Puisi: disajikan sebuah puisi tanpa judul, menentukan judul dengan tepat
  39. Teks pidato: disajikan teks pidato pembuka dan isi, menentukan bagian penutup teks pidato
  40. Gambar seri: disajikan 4 gambar seri secara acak, mengurutkan sehingga menjadi sebuah cerita yang padu

Sumber : Depdiknas

About these ads

75 comments on “Kisi-kisi Soal UASBN SD/MI Tahun 2008

  1. seharusnya di kasih cara caranya biar mengerti ok gitu saja makasih

    ***Silakan melihat panduan materi di postingan saya yang lain, terima kasih***

  2. saharusnya dikasih soal dan jawaban biar tambah mengerti

    ***Silakan melihat panduan materi di postingan saya yang lain, terima kasih***

  3. e,seberna di kasih soalnya saja lalu sama kita terus kita yng bljr di rumah

    ***Silakan melihat panduan materi di postingan saya yang lain, terima kasih***

  4. harusnya,di kasih contoh soal-soal yg mau keluar di uasbn! biar kita juga siap

    ***Silakan melihat panduan materi di postingan saya yang lain, terima kasih***

  5. BANG RAHMAN SAYE SUKE SANGAT KALAU BANG RAHMAN MAU NGIRIMKAN SOAL BI, IP, MTK UNTUK ANAK SAYE KELAS VI

    ***Silakan melihat panduan materi di postingan saya yang lain, terima kasih***

  6. saya sangat senang kalau dikirimkan soal-soal sebagai bahan saya mengajar anak didik saya.

    ***Silakan melihat panduan materi di postingan saya yang lain, terima kasih***

  7. harusnya dikasih contoh2 soal UASBNnya.biar lebih mengerti!dan dari sekolah saya tidak memberi buku UASBN!sedangkan sekolah lain dapat.terimakasih..

    *** Terima kasih commentnya, tapi maaf, info yang saya dapat baru ini saja, semoga bermanfaat ya..***

  8. harusnya UASBN itu dibuat oleh guru2 di sekolah masing2 biar ada bocorannya

    ***Setuju!! Saya sebagai wali murid kelas 6 juga berharap demikian, tapi apa daya, ini kan kebijakan nasional..:)***

  9. WAH WAH WAH
    berita bagus namun yang saya bingung, apa bisa jamin kisi-kisi ini jadi siswa lulus,
    Kalau boleh saran, misal tahun depan ada kayak gini, masih mending ga da uAn, ngerepotin aja.
    Coba kalau hanya kelulusan dilihat dari guru yg sehari-hari memantau anak, apa pemerintah begitu, kalau begitu saya bisa maklum.

    ***Namanya juga kisi-kisi, bisa berhasil bisa tidak. Namun dengan adanya kisi-kisi resmi ini diharapkan kita mempunyai panduan untuk mempersiapkan UASBN. Memang lebih mudah bagi kita bila tidak ada UASBN, namun unsur obyektifitas juga akan sangat rendah. Terima kasih***

  10. MAKASIH YA , WAH LEBIH GAMPANG NIH BELAJARNYA , NGGAK PERLU BACA SEMUA BUKU , CUKUP IKUT PANDUAN DARI KISI KISI INI ,,, MOGA MOGA AJA BENER , TAPI UJI COBA TRY OUT KEMAREN MIRIP SEMUA TUH AMA KISI KISI INI , SEKALI LAGI MAKASIH YAAAAAA

    ***Sama-sama, semoga sukses ya…amin***

  11. Wah apa benar kisi kisi ini bisa dijadikan panduan , sebabnya yang namanya kisi kisi itu sifatnya rahasia

    ***Pak guru yang budiman, kisi-kisi ini adalah keluaran resmi Badan Standar Pendidikan Nasional. Tentang cara mencermatinya saya kembalikan kepada masing-masing pembaca. Terima kasih atas komentarnya.***

  12. yang ditampilkan itu skl, masih umum. karena yang namanya soal memang rahasia. tapi bisa juga dijadikan panduan. hanya dinas kota kadang membuat soal yang berrbeda. terbukti 3 kali try out soal banyak yang meleset dari kisi-kisi

    ***Benar demikian, semoga pada saat UASBN nanti para pembuat soal dari dinas kota tidak lari terlalu jauh dari apa yang sudah digariskan dari pusat. Mohon kalau ada info lain seputar UASBN dan penerimaan siswa baru SMP yang sekiranya bermanfaat bagi kami bisa dishare disini. Terima kasih***

  13. MENURUT SAYA TIDAK SETUJU DENGAN ADANYA UAN UNTUK SD

    ***Pendapat saya: Kalau kita lihat dari sisi positivenya, ada patokan yang seragam tentang mutu pendidikan, berapa rata-rata nilai kelulusan siswa di tingkat nasional. Selain itu, kita jadi tahu mutu suatu sekolah. Kalau sekolah mematok skl rendah berarti sekolah memang tidak merasa mampu untuk mencetak siswa/i dengan nilai bagus, walaupun akhirnya lulus 100%. Hal ini tentu bisa kita manfaatkan untuk mencari sekolah yang bermutu bagus. Dari artikel di atas, UASBN bukan satu2nya nilai penentu kelulusan, berarti kita bisa sedikit menarik nafas lega. Sedangkan untuk masuk SMP berpatokan dengan nilai hasil UASBN sangat fair. Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya***

  14. Saya kurang setuju, atas adanya UASBN untuk anak SD. Tp itu dapat menjadikan patokan untuk masuk SMP. Walaupun demikian, saya merasa anak SD skrg belum siap untuk UASBN.
    Semoga orang Diknas tidak membuat soal sangat susah, and soalnya dibuat di sekolah masing-masing

    ***Kalau melihat siap tidak siap, kita bisa klembali ke masa lalu, dimana jaman saya dulu ada Ebtanas yang notabene sama dengan UASBN, hanya bedanya kalau Ebtanas nilainya rata-rata sedangkan kalau UASBN nilainya ditentukan per mata pelajaran. Keduanya sama-sama tidak mutlak membuat seorang siswa/i tidak lulus, dan keduanya sama-sama dipakai untuk nilai masuk ke SMP. Yah, kesiapan adalah relatif untuk setiap anak. Kita tetap berharap semoga anak2 kita lulus semua dengan nilai yang memuaskan, amin***

  15. Thanks a lot for the kisi kisi UASBN. It is helpful for teachers to prepare their students to face UASBN.Good Luck for all primary students in Indonesia

    ***You’re welcome sir***

  16. Wah UASBN SD sekarang tidak boleh diremehkan dan oleh karena ada kisi seperti ini kami bisa lebih gampang untuk belajarnya!OK!thank’s

    ***Benar pak, terima kasih atas komentarnya***

  17. KENAPA HANYA MATERI POKOK YANG ANDA BERIKAN UNTUK KISI-KISI PERSIAPAN UASBN SAJA

    ***Karena yang dipublikasikan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan hanya itu pak, terima kasih***

  18. Contoh soalnya tidak ada ya?

    ***Ibu bisa lihat di panduan materi (postingan saya yang lain). Semoga sukses ya…***

  19. hmm, boleh minta kisi2 soal dan jawaban untuk tahun ini ga?tolong kirim ke email saya ya, trims…

    ***Mohon maaf, tidak ada. Terima kasih***

  20. Bagus nich..Trims sudah dpt bantu anak2 didik saya,mudah2an entar banyak soal yg keluar sesuai kisi2 tsb.Mohon kirim ke email ku dong kisi2+soal,trims

    ***Terima kasih kembali, seluruh file yang saya punya telah diupload disini***

  21. thxxxxx bgt…..

    itu udh bmnfaat bgtttt….

    udh tbukti kok,td yg b.indonesia udh keluar,,
    ya iyalah tu kan SKL dr dePdiKnass..

    pkooknya oke dech

    thxxxxdx……..

    ***Terima kasih kembali, sukses ya…***

  22. saya sangat senang jika bisa memberi yang terbaik pada anak didik saya dan saya berharap saya bisa mendapatkan banyak pengalaman dalam pembelajaran dan tak lupa senang bisa berkesempatan mendownload soal-soalnya. thanks

    ***Sama-sama pak, semoga sukses…***

  23. Ass wr w b
    Salam kenal ibu, anak saya sekarang sekolah di PG TK Aisyiah 4 Tebet Timur, dan tahun ini mau masuk SD, kira-kira di SD Madina ini untuk uang pangkal dan bulanannya berapa ya? Saya belum ke sana sih, pengen tanya-tanya dulu. Mungkin ibu bisa bantu saya. Jazakumullah..
    Wass. wr wb

    ***Waalaikum salam wr. wb.
    Saya tidak berani memberikan informasi secara terbuka karena belum ada ijin dari pihak sekolah, saya kirim email aja ya bu…***

  24. WAH TAMBAH ENAK BELAJARNYA. SOALNYA UDAH DI KASIH MATERI NYA. TERIMA KASIH YA PAK YANG SUDAH NGASIH MATERINYA.

    ***Sama2, smg sukses ya…***

  25. Wah…bagus niieee…..
    Jadi nanti saat-saat menjelang UASBN….
    Aku bisa pelajarin….
    Mudah2an Kisi-kisi ini,bener-bener keluar,pas aku Ujian nanti…
    NB:Smuanya doa’in au ya!!!
    Mudah2an masuk SMP favorit…
    Amin….

    ***Amin, semoga sukses ya…***

  26. hi Ank2 yg tgl brapa hri lg akn mlksanakan uasbn moga dilancarkan oleh tuhan nz pkrjaanx btul cmua.

    ***Amin…***

  27. hy kawand do’akan aq y smoga aq bsa lulus dngn nilai yang baik
    aq jg baru klz 6

    ***Amin….semoga sukses ya dengan nilai yang bagus…***

  28. Tq tas infrmasinya
    mau nanya nih…cma ni ja ya tmpt nyari soal
    klo da d mna lg
    ksh tau ya……..

    ***Terima kasih kembali… untuk alamat yang lain silakan browsing ya…***

  29. Tq tas infrmasinya ya……..
    mdah-mdahan q bsa mask smp faforit
    n q mau nanya .cma ni ja ya tmpt nyri soal
    klo da lg ksh tau ya…………
    terima kasih

  30. Aq Mo kmtr Mendingan Dikasih soal dari DEPDIKNAS AMA KonCIE Jawabanx Biar nanti klu uasbn kITa tiNGGal Nxontek Konci Jawaban x doang oke gak??/ klu uda dpt tolong kirim ke email QQQQ x

    ***Hehehe…boleh juga idenya. Tapi sayang saya nggak bisa bantu. Maaf ya…***

  31. pengen tau dong, kisi-kisi UAS SD kls VI Agama,Pkn,IPS,Sunda ma Ingris. gitu aa ya, thanks

    ***Mungkin bisa mencari di buku-buku kumpulan soal2…terima kasih…***

  32. Terima kasih banyak ini bisa membantu kami untuk mempersiapkan
    anak ujian lebih fokus.
    kalau boleh kirim contoh soal-2 via e.mail.
    Matur nuwun….

  33. ya allah kuat kan lah aku yang mau menghadapi UASBN semoga aku lulus di pelajaran yang aku jalani semoga ku, bisa menjalankan pelajaran-pelajaran yang aku lewati semoga aku lulus ya allah
    amin…….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s