Buletin Teknis Standar Akuntansi Pemerintahan yang Baru

Fokus Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP) tahun 2008 ini adalah finalisasi Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berbasis Akrual dan menyelesaikan berbagai Buletin Teknis sebagai pedoman dalam mengimplementasikan SAP berbasis Cash Towards Accrual (Kas Menuju Akrual). Untuk fokus yang pertama telah berhasil diselesaikan pada bulan April 2008 yang lalu, dan sekarang akan melalui beberapa due process lagi sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Pemerintah yaitu Dengar Pendapat Masyarakat dan Permintaan Pendapat ke BPK-RI.

Selain mempersiapkan SAP berbasis Akrual untuk memenuhi permintaan baik UU No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara maupun UU No. 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara, dalam rapat-rapatnya KSAP selalu melakukan pembahasan yang mendalam atas beberapa buletin teknis yang sangat ditunggu-tunggu berbagai kalangan sebagai pedoman lebih lanjut atas SAP itu sendiri. Buletin Teknis yang sudah diselesaikan pembahasannya adalah sebagai berikut:

Saat ini ada beberapa lagi konsep buletin teknis yang sedang dalam tahap pembahasan, semoga segera terbit, sehingga dapat membantu para pelaksana pengelolaan keuangan negara dalam sehingga dihasilkan  pertanggungjawaban pengelolaan keuangan negara yang lebih baik lagi, amin.

About these ads

15 comments on “Buletin Teknis Standar Akuntansi Pemerintahan yang Baru

  1. tengkyu pak! mau nanya, denger2 sekarang semua aset pemerintah harus intrakomptabel bener ndak tuh? tak cari di aturan menkeu-nya belum ganti je! masih sperti yang dulu…mohon pencerahan!

    • maaf, baru tahu ada komentar baru.. istilah intrakomptabel dan ekstrakomptabel hanya untuk menunjukkan bahwa aset tersebut kita laporkan di neraca atau tidak. Untuk Pempus kita menganut aturan di KMK 01/2001 masih diakomodir di PMK 120/2008, dimana ada batasan minimum kapitalisasi untuk aset2 yang diperoleh mulai tahun 2001 ke atas. Kalau suatu pemda tidak memberlakukan aturan batasan minimum ini, maka seluruh asetnya harus muncul di neraca (intrakomptabel). Demikian pak, terima kasih..

    • Benar pak, Bultek terbaru adalah 08 tentang Akuntansi Utang. Terima kasih sudah mengingatkan, karena ini memang postingan lama sebelum bultek tersebut terbit. Namun seluruh bultek yang lengkap silakan didownload di halaman Daftar Peraturan. Saat ini kami sedang membahas beberapa Bultek lainnya yaitu Bantuan Sosial, Hibah, Aset Tetap, Aset Tak Berwujud, dan Penerusan Pinjaman. Terima kasih :)

      • maaf bu, sy gak lihat di daftar peraturan :D
        oh ya bu skalian mo nanya. Kalo pengembalian sisa belanja TA.2009 yang dikembalikan pada TA.2010 itu diakui sebagai pendapatan lain-lain atau pengurang belanja ybs? karena di SAP sendiri ada dual interpretasi. Mohon pencerahan..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s