Depkeu Gelar Rakernas Akuntansi

Dikutip dari: http://web.pab-indonesia.com/content/view/28294/9/

Selasa, 11 Agustus 2009 (10:30 wib) Jakarta, PAB-Online

Departemen Keuangan hari ini menyelenggarakan rapat kerja nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah.

Dirjen Perbendaharaan Depkeu yang sekaligus bertindak sebagai Ketua Panitia Rakernas Herry Purnomo mengatakan acara rakernas tersebut dilaksanakan untuk kedua kalinya dalam rangka peningkatan transparansi dan akuntabilitas pelaporan keuangan negara, dalam hal ini pemerintah pusat, K/L dan pemda.

“Akuntansi dan pelaporan keuangan merupakan elemen yang fundamental dari akuntabilitas dan transparansi dari setiap organisasi modern,” katanya dalam acara pembukaan rakernas itu di Jakarta, hari ini.

Dia menuturkan kendati sampai saat ini BPK masih memberikan opini disclaimer terhadap LKPP, namun kualitas LKPP mengalami kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

“Hal ini tercermin dari aspek penyajian laporan keuangan pemerintah, aspek temuan BPK, aspek pengembangan standar dan sistem akuntansi serta aspek sumber daya manusia,” jelasnya.

Herry menambahkan dalam rakernas kali ini secara bersamaan juga akan dilaksanakan launching peraturan pemerintah (PP) tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

“PP ini diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas pemerintah dalam penyelenggaraan kegiatan instansi pemerintah, agar memperoleh keyakinan yang memadai dalam hal efektifitas dan efisiensi pencapaian penyelenggaraan pemerintahan, keandalan pelaporan keuangan, penanganan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.”

Acara rakernas tersebut dibuka langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan diikuti oleh menteri/pimpinan Lembaga, gubernur, sekjen/sekda, serta kepala biro keuangan/biro umum.(Bisnis)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s