Ternyata, Perencanaan Kas Itu Adalah Hal yang Sangat Penting

Dikutip dari www.perbendaharaan.go.id

Rabu, 23 Desember 2009 | Oleh: kukun98 () 

Jakarta, perbendaharaan.go.id. Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 192/PMK.05/2009 tentang Perencanaan Kas telah dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Bekasi dan Jakarta, masing-masing pada tanggal 12 dan 14 Desember 2009. Acara sosialisasi yang mengambil tema “Peran Satker dalam Menyusun Perencanaan Kas Yang Akurat untuk Menciptakan Pengelolaan Kas Negara yang Optimal Dalam Rangka Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat” tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 250 satker, meliputi seluruh satker Departemen Keuangan dan perwakilan kementerian/ lembaga yang berlokasi di Jakarta.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan untuk memperkenalkan, menyamakan persepsi, dan meningkatkan pemahaman tentang arti penting perencanaan kas sekaligus mengawali penerapannya yang direncanakan berlaku efektif mulai awal tahun anggaran 2010, sebagaimana yang disampaikan oleh Direktur Pengelolaan Kas Negara bapak Tata Suntara dalam sambutan pembukaannya.

Materi sosialisasi pertama disampaikan oleh Kasubdit Perencanaan dan Pengendalian Kas Direktorat PKN bapak Alfiker Siringoringo, yang menjelaskan latar belakang perlunya perencanaan kas, landasan hukum perencanaan kas, tanggung jawab BUN, dan kewajiban menteri/ pimpinan lembaga terkait dengan perencanaan kas, tujuan perencanaan kas, fungsi perkiraan penarikan dana, mekanisme penyampaian perkiraan penarikan/ penyetoran dana, cara satker menyusun perkiraan penarikan dana, serta ilustrasi perkiraan penarikan/ penyetoran dana bulanan, mingguan, dan harian.

Pak Alfiker menerangkan bahwa perkiraan penarikan dana satker yang disampaikan ke KPPN merupakan batas maksimal penyediaan dana yang bisa ditarik oleh satker pada bulan tersebut sebagaimana dimaksudkan dalam pasal 8 PMK No.192/PMK.05/2009. Apabila nilai SPM yang diajukan ke KPPN lebih rendah daripada perkiraan penarikan dana satker, maka selisihnya baru dapat dimintakan di bulan berikutnya, dengan syarat perkiraan penarikan dana di-update/ direvisi terlebih dahulu. Apabila nilai SPM melebihi perkiraan penarikan dana maka SPM tersebut ditolak. Beliau juga menegaskan bahwa Aplikasi Peran 2010 lebih baik daripada aplikasi sebelumnya karena telah terintegrasi dengan aplikasi RKAKL sehingga satker tidak perlu lagi menginput data secara manual. Perkiraan penarikan dana harian dan mingguan sedang dikembangkan agar perkiraan dapat dikirim ke KPPN melalui SMS Center atau email.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Tim Aplikasi dari Ditjen Anggaran tentang tata cara penyusunan perkiraan penarikan dana oleh satker melalui Aplikasi Peran 2010. Aplikasi Peran 2010 ditempelkan di Aplikasi RKAKL. Ditambahkannya, bahwa Aplikasi Peran 2010 dapat di-download di http://www.anggaran.depkeu.go.id.

Selanjutnya, pada sesi tanya jawab terdapat beberapa masukan dan pendapat dari peserta. Perwakilan dari Mabes Polri mengapresiasi betapa Perencanaan Kas merupakan hal yang sangat penting. Namun demikian, mereka concern pada kesiapan satker – satker mereka yang tersebar di daerah. Mereka mengharapkan agar Direktorat PKN dapat membantu sebagai narasumber untuk mempercepat proses sosialisasi. Sementara itu, Perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menanyakan tentang dana yang terkait dengan penanggulangan bencana yang tidak dapat diperkirakan saat terjadinya. Pertanyaan- pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh bapak Alfiker, bahwa kementerian negara/ lembaga pada dasarnya berkewajiban mensosialisasikan perkiraan penarikan kas ke masing – masing satkernya, tetapi Ditjen Perbendaharaan juga bertanggung jawab untuk membantu. Untuk kegiatan yang terkait dengan penanggulangan bencana akan diatur secara khusus , tetapi yang sifatnya rutin tetap mengacu pada peraturan tersebut.

Dari pemaparan, diskusi, dan tanya jawab yang berlangsung selama acara sosialisasi dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: pertama, satker sepakat bahwa perencanaan kas memang harus dilakukan. Kedua, manfaat perencanaan kas bagi kementerian negara/ lembaga adalah memperoleh dana senilai perkiraan penarikan dana dan/atau perkiraan penyetoran dana untuk membiayai kegiatan yang akan dilaksanakan, dan selanjutnya kementerian negara/ lembaga memperoleh dana sesuai dengan waktu pelaksanaan kegiatan, sedangkan bagi BUN/ Kuasa BUN adalah dapat memastikan ketersediaan dana guna memenuhi kewajiban negara serta mengambil tindakan yang efektif dan efisien dalam rangka mengoptimalkan kelebihan kas atau menutupi kekurangan kas. Ketiga, sebagai hal yang baru, akurasi perencanaan kas merupakan suatu proses yang memerlukan usaha dan peran semua pihak, terutama satker kementerian negara/ lembaga untuk mewujudkannya.

Oleh: M. Abdul Kobir – Direktorat Pengelolaan Kas Negara

About these ads

4 comments on “Ternyata, Perencanaan Kas Itu Adalah Hal yang Sangat Penting

  1. Unit baru lagi….
    Bikin-bikin repot satker lagi…
    Apa pentingnya perencanaan kas????
    Tahukah Anda esensi sebenarnya????
    Pernahkan Anda BACA UU No. 17 Tahun 2003
    Tahukah Anda yang dimaksud ekonomis, efisien dll dll (lihat pasal 3 ayat 1)
    Cari definisinya di wikipedia…
    Itu tahun 2003 lho….
    dan apa yang seudah terjadi selama ini????
    Anda lihat kasus2 yang ada???
    Apa Hari Kecil Anda tidak merasa ikut berdosa dan takut
    bahwa Anda sudah secara tidak langsung mengkampanyekan hal yang ndak jelas tujuan dan
    kaitannya???
    Ingat APBN minus 100trilyun…. bagian rakyat mana yang ikut mencicipi kue itu???
    Teruz kue2 selama kurun waktu puluhan tahun itu???
    Anda berani janji perubahan apa sama rakyat dengan repotnya bikin rencana2 itu???

  2. justru perencanaan kas ini untuk memenuhi amanat UU No 1 tahun 2004
    bahwa Menteri/Pimpinan Lembaga menyusun dokumen pelaksanaan anggaran yang didalamnya jg memuat rencana penarikan dana tiap-tiap satuan kerja, serta pendapatan yang diperkirakan (lihat pasal 14 ayat 3)
    jadi perencanaan kas ini bukan mengada-ngada mas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s