Program Percepatan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah (PPAKP) 2010 segera dimulai

Program Percepatan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah (PPAKP) adalah suatu program pelatihan bagi para pembuat laporan keuangan di tingkat satuan kerja. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan pada tingkat satuan kerja yang pada muaranya nanti diharapkan dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan Kementerian Negara/Lembaga yang membawahinya. Program ini masih dibatasi pada pengelola dana APBN, termasuk dana Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan, dan BLU. Lama pelatihan 18 hari efektif (jam 08.00 – 20.40 setiap hari efektif), dengan materi meliputi Paket Perundang-undangan di Bidang Keuangan Negara, Manajemen Kas dan Aset, Perencanaan dan Penganggaran, Pelaksanaan Anggaran, Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Anggaran, Dasar-Dasar Akuntansi, Standar Akuntansi Pemerintahan, Bussiness Process Simak BMN dan aplikasinya, Bussiness Process Sistem Akuntansi Keuangan dan aplikasinya, Pelaporan Kinerja Instansi Pemerintah, dan Analisa Laporan Keuangan.

PPAKP telah dilaksanakan mulai tahun 2007 hingga sekarang. Target awal akan melatih sebanyak 23.000 satuan kerja. Sampai dengan saat ini telah dilatih sekitar 15.000 satuan kerja. Untuk tahun 2010 ini, rencananya PPAKP akan segera dimulai, tepatnya sekitar tanggal 20 September 2010 (tergantung jadwal masing-masing lokasi). Pelaksanaan ada di 7 lokasi yaitu Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Manado. Saat ini surat permintaan calon peserta sudah diberikan ke masing-masing Kementerian Negara/Lembaga, dan diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama data telah terkumpul melalui Sekretariat Jenderal masing-masing K/L untuk dilakukan seleksi. Calon peserta yang telah mengikuti PPAKP sebelumnya tidak diperkenankan untuk mengikuti kembali PPAKP ini.

Ada yang baru dalam pelaksanaan PPAKP tahun 2010 ini. Selain pelatihan reguler sebagaimana yang telah dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya bagi pelaksana penyusun laporan keuangan, tahun ini direncanakan akan ada Pelatihan Manajerial, yaitu pelatihan yang ditujukan kepada para pengambil keputusan di tingkat satuan kerja, yaitu Kepala Satker/KPA/PPK (salah satu). Pelatihan akan diadakan di 30 lokasi dengan konsentrasi terbanyak di 5 lokasi.

Kepada seluruh calon peserta PPAKP kami ucapkan selamat mengikuti pelatihan, semoga tujuan kita bersama dapat tercapai, aamiin… :)

About these ads

55 comments on “Program Percepatan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah (PPAKP) 2010 segera dimulai

  1. ASkum..
    Sebelumnya salam kenal Bu’..
    Utk Tahun ini saya mendapat undangan untuk Diklat PPAKP melalui sistem e-learning.
    Yang ingin saya tanyakan apakah perbedaan Diklat PPAKP reguler dengan sistem e-learning ini?
    Terima kasih

    • waalaikum salam, salam kenal juga ya..
      Secara materi, PPAKP reguler dan e-learning sama pak, hanya cara penyampaian dan tim penyelenggaranya saja yang beda. Diharapkan dengan berbagai Diklat PPAKP ini sasaran seluruh satker terlatih bisa tercapai.
      Untuk diklat reguler, pengajar akan bertatap muka dengan para peserta, sedangkan e-learning proses pembelajarannya melalui multimedia. saat ini, penyelenggara e-learning adalah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), sedangkan yang reguler Tim Gabungan dari beberapa instansi di Kementerian Keuangan.
      Demikian, semoga bisa menjawab pertanyaan anda :)

  2. Asalamu’alaikum..ww..salam kenal mbak…saya dari ISI padangpanjang mbak …kebtulan baru dapat informasi diklat PPAKP kemarin tgl 1 september di perbendaharaan.go.id…utk peserta apakah diusulkan oleh satker langsung…atau lewat setjen K/L nya mbak…

  3. dikit lagi mbak…saya bukan staff keuangan..tapi kebutalan terlibat di tim pelaporan (SAI) fokusnya di BMN mbak ..kebtulan tahun 2009 kemarin udah ngasih data lewat setjen diknas apa..dipanggil ngak mbak ya…?he..he..karena kalo lihat jadwal pendaftarn udah tutup 31 agustus. salam mbak

    • waalaikum salam mas, kami terima data dari setjen K/L, semoga nama mas sdh masuk ya. ditunggu saja panggilannya di web perbendaharaan atau nanti insyaallah diupload juga di sini.

  4. Assalamualaikum.WR.WB. Salam Kenal mbak…. Mau tanya perihal pelatihan ini….
    1. Apakah peserta pelatihan diwajibkan dikirim oleh instansi tempat kerja atau terbuka untuk umum dan status dari peserta apakah harus PNS?
    2. Jadwal pelatihan adalah sebanyak 18 hari kerja, apakah terjadi karantina agar peserta fokus pada pekerjaan ?
    3. Untuk daerah Jakarta, dimana lokasi tepatnya dan berapa biaya untuk pelatihan ini?

    Terima Kasih

    • waalaikum salam, salam kenal kembali mbak.. :)
      1. peserta wajib dikirim oleh K/L ybs mbak, silakan mencoba menghubungi setjen K/L mbak untuk mengusulkan nama. ttg non PNS, kemgknan nanti ada kebijakan boleh mbak, krn kalau yg benar2 menangani mmg non PNS ya aneh saja kalau dipaksakan hrs mengirim pegawai lain.
      2. iya, semua peserta diinapkan di hotel tempat pelatihan mbak. total dengan hari minggu sekitar 22 hari. jadwal pelatihan jam 8.00 sd 20.40 setiap hari, jd mgkn sulit kalo harus pp ke rmh msg2
      3. tempat belum diumumkan, nanti bersamaan dengan pengumuman jadwal pelatihan setiap kelas dan setiap angkatan mbak. ditunggu saja :)

      terima kasih kembali..

    • maaf ada yg blm terjawab ya. biaya pelatihan ini beserta akomodasinya selama acara ditanggung oleh DIPA PPAKP Kementerian Keuangan, peserta hanya dibebani biaya transport pp saja dari kantor ke lokasi dan sebaliknya. terima kasih

  5. Pada PPAKP 2010 ini kami kirimkan 1 calon peserta yang datanya sudah kami kirim via KPPN 164, niatnya sebagai kader operator laporan keuangan & aset negara. Semoga di 2011 aku dapat istirahat & bekerja dibelakang layar. thank infonya

  6. Asss…..mbak….
    Saya justru mau tanya tentang bagaimana cara ikut dalam Diklat TOT SAP. Untuk tahun 2010 udah saya cari dr awal tahun infonya gak dapat terus euy…eh, malah sekarang ada pemanggilan peserta….
    Mohon info untuk bisa ikut TOT SAP berikutnya mbak….

    Salam
    Rifda A

    • iya bu, TOT SAP yang sekarang sedang berlangsung bukan dari KSAP langsung, tetapi dari struktural Subdit SAP Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Ditjen Perbendaharaan, narasumber tetap dari KSAP. Jadi untuk TOT kali ini target peserta adalah dari Pemerintah Pusat, surat permintaan peserta ditujukan ke Kementerian/Lembaga. Demikian Ibu.
      Untuk tahun ini sepertinya blm ada lagi, semoga tahun depan ada :)

  7. saya ikut PPAKP angkata III th 2019 di media hotel jakarta, banyak manfaatnya pelatihan ini, akhirnya saya tertarik kalau seandainya ada TOT SAP, ada ngak infonya.

    Masukan aja mbak, kalau bisa adakan PPAKP untuk satker BLU, karena BLU bagi kami masih awam

    • alhamdulillah, silakan berpartisipasi dalam TOT SAP bpk, kami welcome sekali.

      Iya, di PPAKP BLU hanya disinggung sedikit. Semoga nanti ada kerjasama dengan Direktorat PK BLU di Ditjen Perbendaharaan ya pak :)

  8. asslamualaikm…..mbak numpang tanya kapan pemanggilan peserta diklat ppakp yang di semarang…..sampai skarang kok belum ada kbar beritanya,apa mundur dari jadwal yang telah di tentukan? Trima kasih banyak.

  9. Mbak numpang tanya, pelaksanaannya Diklat PPAKP yg dimulai awal Nopember ada ga ya? soalnya saya sampai tgl 27 oktober msh ada kegiatan

  10. bu sy merasa program ini bagus cm di bbrp tempat krg tepat sasaran krn pengemban fungsi keuangan/bmn malah bnyk tdk diikutkan dan oleh satker bnyk ditunjuk org yg tdk berkepentingan cm utk plesiran

  11. alhamdulliah kalo jd saya berangkat tgl 26, ke Menado….saya dari Tarakan….klo boleh tahu..setelah mengikuti Diklat PPAKP..ada gak yah manfaatnya tuk kedepannya….oya saya diinstansi bmkg..

  12. Numpang tanya bu, apakah pesertanya diseleksi dulu ya?
    kok kemarin sdh ada permintan peserta dari KPPN, dan sdh kami kirim calon pesertanya, tp sampai sekarang blm ada pemanggilan?

    • iya pak, mungkin belum masuk angkatan sekarang, semoga bisa msk di angkatan berikutnya ya, kami ada tim seleksi peserta yang akan menentukan, mohon bersabar :)

  13. bu ijin saya dr polda kalteng sudah mendaftar dr tahun 2009 tp blm dipanggil-panggil kenapa bu ijin sudah di kirim ke depku. tp kok polda kalteng tahun 2009 dan 2010 blm ada panggilan bu kenapa mohon saran

    • bpk/ibu yg saya hormati, mgkn anda bs menghubungi ktr pst kepolisian utk menanyakan apakah nama anda sdh msk dalam daftar usulan yg disampaikan ke kami. semoga sudah dan hanya tinggal tunggu panggilan saja :)

  14. Assalamua’alaikum…
    saya dari BKN sudah mendaftar agustus kmaren koq smp sekarang belum ada info.. mohon penjelasannya… thengkyuu

  15. Saya PNS Kementerian Perhubungan UPT Kantor Pelabuhan Tahuna….Saya Sudah Ikut Kelas PPAKP ANgkatan II 2009 Manado…dan Sudah Berkecimpung dalam Pengelola Keuangan dari 2005 s.d Sekarang bahkan Menjadi Bendahara Pengeluaran 2 Periode…….Pendidikkan Umum saat ini dalam tugas akhir di Universitas Negeri manado Jurusan manajemen Fakultas Ekonomi….yang saya ingin tanyakan apakah saya bisa ikut Diklat TOT PPAKP dan………”seandainya” Bisa Gimana daftarnya dan Kapan Penyelenggaraan berikut TOT PPAKP…….saya berdomisili di Manado tapi dimana saja saya Siap untuk mengikuti….Mohon Penjelasannya Terima Kasih………………

  16. Assalamua’alaikum…
    Saya dari Satker Dit Intelkam Polda Sulut……
    mau tanya pengumuman Lulus Diklat PPAKP angk.I thn 2010 yg diselenggarakan di manado kapan yah,,,, bisa diketahui
    mohon bantuannya……
    Wassalam,,,,,,,

  17. saya baru tau kl bln ini sedang berlangsung PPAKP. kapan lagi dilaksankan untuk angkatan berikutnya? klu ada, tlg email sy donk. tx

  18. Bagaimana tips yang cerdas dan cepat agar bisa lulus PPAKP tahun 2010? Saya baru pertama kali ikut diklat e-learning PPAKP 2010, apa saja yang harus dipersiapkan dari semua segi utk menghadapi Ujian e-learning PPAKP 2010? JazaakumulLooH khoiron katsiiroo. Bapepam-LK, selamat merger dengan BI untuk membentuk Otoritas Jasa Keuangan di tahun 2011. Insyaa Alloh. Semoga Berkah n dapat mewujudkan Pasar Modal dan Lembaga Keuangan yang Go Green (Ramah Lingkungan)..Lanjutkan!!!

  19. Assalamu ‘alaikum. Menurut hemat saya, BPPK Kemenkeu RI sebaiknya menyelenggarakan diklat-diklat tentang materi-materi yang berkaitan dengan hal-hal yang mendukung terwujudnya Go Green, seperti Pasar Modal yang Go Green, Lembaga Keuangan yang Go Green, dan apapun yang mendukung Go Green. Terima kasih. Salam Go Green di segala bidang. Selamtkan Bumi dan Langit dari tangan2 kotor dan tidak bertanggung jawab. Kalau bukan kita yang menyelematkan, siapa lagi????

  20. kalau anggkatan III thn 2010 yg barusan dilaksanakan di makasar bln oktober 2010 kapan pengumuman lulusnya mba? makasih sebelumnya

  21. Aww.
    saya mau tanya ttg progrsm PPAKP 2011, mohon diinfokan ke kami kapan pelaksanaannya ya mbak/mas. teman kami awal desember kemaren baru selesai mengikuti program tsb di SBY. terimakasih.

  22. salam kenal mba…saya dari rumah sakit di gorontalo.mautanya kapan pelatihan SAI Depkes akan diadakan pada bulan februari ini apa ada..mohon info nya mba.

  23. ass wr wb…
    mohon info pengumuman PPAKP Manajerial angk I 2010 di surabaya kok sampai sekarang ga ada kabarnya ya mbak
    wassalam

  24. met pagi mbak postingan sy kok blm dpt tanggapan sampai skarang ya mbak, mhn info pengumuman PPAK managerial yg d laksanakan d surby th 2010, trims

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s