Diklat PPAKP 2012

Diklat Program Percepatan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah (PPAKP) tahun 2012 akan segera dimulai. Pendaftaran telah dibuka dengan menggunakan 2 jalur, melalui Kanwil Ditjen Perbendaharaan terdekat atau KPPN tempat pembayaran satker, atau melalui pimpinan Kementerian Negara/Lembaga masing-masing satker.

HAL-HAL YANG BERKENAAN DENGAN
DIKLAT PROGRAM PERCEPATAN AKUNTABILITAS KEUANGAN PEMERINTAH TAHUN 2012

1.    Syarat Peserta

Kelas Reguler
a.    Pegawai Negeri Sipil/Calon Pegawai Negeri Sipil;
b.    Bekerja di bidang akuntansi, pelaporan, dan keuangan atau pengelola barang;
c.    Pendidikan minimal SLTA;
d.    Mendapatkan izin tertulis dari unit kerja masing-masing (min. Eselon III);
e.    Memiliki kemampuan mengoperasikan computer;
f.    Usia maksimum 50 tahun;
g.    Sehat jasmani dan rohani serta tidak dalam proses hukum;
h.    Membawa surat tugas;
i.    Membawa laptop;
j.    Memakai pakaian dengan atasan putih dan bawahan hitam/gelap setiap hari Senin sampai Kamis dan Sabtu, Jumat memakai batik;
k.    Membawa pas foto ukuran 3×4 berwarna sebanyak 2 lembar;
l.    Belum pernah mengikuti diklat PPAKP sebelumnya.

Kelas Manajerial
a.    Pejabat yang menangani pengelolaan keuangan dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan pelaporan keuangan, seperti Kabag Perencanaan dan Penganggaran, Kabag Keuangan, Kabag Perlengkapan, Kabag Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen;
b.    Pejabat Penerbit dan Penandatangan SPM di lingkungan Kementerian/Lembaga;
c.    Pejabat Eselon III dan IV yang ditunjuk oleh Pejabat Eselon I untuk mengikuti PPAKP terkait bidang tugas sehari-hari yang berhubungan langsung sengan pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara;
d.    Membawa surat tugas;
e.    Membawa pas foto ukuran 3×4 berwarna sebanyak 2 lembar;
f.    Belum pernah mengikuti diklat PPAKP sebelumnya.

2.    Materi Diklat:
a.    Paket Undang-Undang di Bidang Keuangan Negara;
b.    Manajemen Aset, Kas, dan Utang;
c.    Perencanaan dan Penganggaran;
d.    Pelaksanaan Anggaran (termasuk demo aplikasi RKAKL, DIPA, SPM);
e.    Bagan Akun Standar;
f.    Dasar-dasar Akuntansi (khusus kelas Reguler);
g.    Standar Akuntansi Pemerintahan;
h.    Sistem Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara;
i.    Sistem Akuntansi Keuangan;
j.    Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah;
k.    Analisa Laporan Keuangan;
l.    Tindak Lanjut Temuan BPK (khusus kelas Manajerial);
m.    Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN).

3.    Penyelenggaraan
a.    Kelas Reguler Diklat dilaksanakan selama 21 (dua puluh satu) hari; Kelas Manajerial dilaksanakan selama 5 (lima) hari;
b.    Biaya akomodasi, materi, dan narasumber ditanggung DIPA PPAKP Kementerian Keuangan, sedangkan biaya transportasi pulang pergi (pp) ditanggung oleh DIPA Satker Kementerian/Lembaga yang bersangkutan.

4.    Jadwal
a.    Kelas Reguler
Direncanakan akan dimulai pada bulan Mei s.d. Oktober 2012 di lokasi-lokasi diklat, meliputi: Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Gorontalo, Manado, Palembang, Kendari, Yogyakarta, Banjarmasin, Ambon, dan Jayapura;
b.    Kelas Manajerial
Direncanakan akan dimulai pada bulan Maret s.d. Mei 2012 untuk lokasi diklat di 30 Kanwil DJPBN.
Jadwal lebih rinci akan diinformasikan kemudian melalui website Ditjen Perbendaharaan (www.perbendaharaan.go.id).

5.    Alokasi Peserta

No    Lokasi                       Kelas Reguler                                      Kelas Manajerial
ORG    Kelas    Angkatan    JML    ORG    Kelas    Angkatan    JML
1    Jakarta              40         2                4              320      30         2                4             240
2    Medan               40         2                4              320      30         2                4             240
3    Semarang         40         2               4               320      30         1                1                30
4    Surabaya          40         2               4               320      30         2                4             240
5    Denpasar          40         2               4               320      30         2                4             240
6    Makassar          40         2               4               320      30         2                4             240
7    Gorontalo        40         2               1                  80      30         1                1                30
8    Manado             40        2               1                   80      30         1                1                30
9    Palembang       40        2               1                   80      30         1                1                30
10    Kendari           40        2               1                   80      30         1                1                30
11    Yogyakarta    40        2               1                   80      30         1                1                30
12    Banjarmasin  40        2               1                   80      30         1                1                30
13    Ambon             40       2               1                   80      30         1                1                30
14    Jayapura          40      2               1                   80      30         1                1                30
15    16 Kanwil                                                                        30      16                1              480
28            32            2.560                  35             45          1.950

6.    Lain-lain
a.    Pemanggilan peserta akan disampaikan kemudian setelah ada penyeleksian peserta;
b.    Keputusan panitia seleksi tidak dapat diganggu gugat;
c.    Perpindahan peserta ke lokasi lain setelah ditetapkan dapat dilakukan oleh Panitia Pusat PPAKP dan/atau hasil koordinasi antar Panitia Daerah. Perpindahan lokasi oleh Panitia Daerah, agar dilaporkan ke Panitia Pusat PPAKP;
d.    Apabila calon peserta dari suatu satker yang sudah dipanggil berhalangan, maka satker dari Kementerian Negara/Lambaga/SKPD yang bersangkutan diperbolehkan menyiapkan pengganti yang memenuhi persyaratan.

Formulir yang harus diisi secara lengkap dan diserahkan ke KPPN atau K/L adalah sebagai berikut:

About these ads

19 comments on “Diklat PPAKP 2012

  1. benyamin airori, saya dari Kab. Dogiyai, SATKER SETDA Kab. Dogiya, Tlng kirim surat, atau radio gram supaya menjadi dasar bagi saya untuk ikut kelas reguler, bulan mei tapi kapan mulai tlng iformasi lewat HP SAYA 081240045892

  2. Bisa minta tolong penjelasan bahwa saya telah mengirim formulir pendaftaran dan saya sudah mendapatkan keterangan kalau saya sudah terdaftar di PPAKP Reguler tahun 2012, tapi sy masih belum PNS / CPNS ,,, Tapi sdh terdaftar .. apakah saya akan juga dipanggil ? dan bagaimana pemanggilan itu ? lewat email kah ? atau Telp ? atau SMS kah ? atau saya tidak lulus seleksi ? dimana saya harus mendapatkan pengumuman hasil seleksi tersebut ?
    Terima kasih ….

  3. Dear Admin,

    nama saya Indra, pengajar dasar2 akuntansi. mau tanya, kalo mau kasih masukan terkait bentuk form evaluasi pengajar kepada siapa ya? terima kasih sebelumnya.

  4. kami pada tahun 2011 sdh terdaftar hanya masih cadangan….lokasi pemilihan makassar tp sampai sekarang belum ada panggilan…. dan bisakah lokasi pilihan kami di pindahkan ke denpasar kalau ada peluang untk kegiatan 2012 ini.(taufik ismail/rina bato rinding balai karantina pertanian kelas i jayapura).

  5. bagi yang bukan peserta tapi ingin memperoleh modul secara gratis bagaimana yah.heheh..karena ingin mempelajarinya lebih lanjut tapi belum mendapat kesempatan dari atasan untuk mengikuti Diklat kelas reguler..mohon bantuan. terima kasih.saya dari kementerian Dalam Negeri Jakarta Pusat

  6. saya heran kenapa pengumuman PPAKP angkatan IV 2012 yg dilaksanakan di Medan belum jg keluar ya…..
    ada apa sih sebenarnya.peserta cm 80 org.udah seperti kita ikut tes PNS aja.

  7. pak kami minta jadwal pelatihan kalo bisa segera di fax (0538) 2022472 atas nama dinas pertambangan dan energi kab. seruyan kalimantan tengah. Sekalian undangan nya pak ………?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s