Mengatur Uang Saku Anak

Ingat kan, waktu orang tua kita dulu memberikan uang saku? Tidak ada embel-embel bahwa uang ini harus kita atur sedemikian rupa, paling hanya diberi pesan ”nanti sisanya ditabung ya”. Kita diberi uang saku harian yang besarnya diatur sehingga hanya cukup untuk uang jajan dan transport misalnya. Dengan demikan yang anak-anak pikir waktu itu hanya bagaimana cara menghabiskan uang itu, toh besok pagi akan dapat lagi. Pola ini akan terbawa sampai si anak dewasa, Setiap mendapat uang langsung dibelanjakan dan nanti kalau ada sisa baru ditabung.

Mungkin ini yang harus kita benahi, sedini mungkin, ketika anak sudah kita mengenal uang, kita sebaiknya mulai mengajarkan kebiasaan mengatur keuangan. Biarkan mereka melakukan kesalahan sekarang yang nantinya akan mereka ingat selalu daripada mereka melakukan kesalahan ketika sudah dewasa nanti.

Salah satu cara yang bisa dicoba adalah kita berikan dia uang saku yang ”agak” lebih daripada yang dia butuhkan untuk sehari-hari, kemudian ajarkan anak untuk belajar menabung di awal dan baru membelanjakan uang sisanya. Biarkan mereka menggunakan hasil tabungannya yang merupakan hasil jerih payahnya menyisihkan sebagian kesenangan mereka untuk memacu mereka untuk lebih giat lagi menabung, sambil perlahan-lahan kita ajarkan mereka untuk membedakan mana kebutuhan mana keinginan. Semoga bisa membantu ya… Kalau ada yang punya cara lain silakan share disini, untuk menambah wawasan kita, siapa tahu cara dari anda dapat lebih manjur. Thx b4.

One thought on “Mengatur Uang Saku Anak

  1. Dulu ortuku mulai ngajarin aku nabung justru dari uang saku. Jadi, setiap bulan aku diberi uang saku yg bisa aku gunakan utk jajan atau beli sesuatu diluar keperluan sekolah & sehari2 (ortu yg penuhin). Setiap akhir bulan, ortu selalu nanya, dari uang jajan itu aku ada sisa berapa? Lalu dari jumlah sisa itu, uang jajan bulan depannya ditambah lagi. Jadi kalo ada sisa 10.000 maka uang jajanku bulan depannya ditambahin sepuluh ribu rupiah dech…;) Lama2 aku kalo pengen punya sesuatu, uang saku aku hemat2 biar diakhir bulan bisa bersisa cukup banyak….

    ***Alhamdulillah, metode pemberian motivasi yang bagus, terima kasih atas infonya…***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s