Pentingnya Cita-Cita

Banyak pendapat mengatakan bahwa bila kita ingin melakukan sesuatu maka harus kita tetapkan dulu apa target atau tujuan kita. Bahkan ada yang mengatakan bila ingin membeli sepeda misalnya, maka di tempat-tempat yang sering kita lihat kita harus menempelkan gambar sepeda tersebut untuk selalu menguatkan motivasi kita untuk meraihnya.

Ada suatu contoh yang baik, salah satu presiden Amerika, Bill Clinton, semenjak kuliah dia sudah bercita-cita menjadi presiden. Setiap hari dia selalu menyalami setiap orang yang bertemu dengannya dan mengucapkan saya ingin jadi presiden. Dan ternyata, dengan motivasi yang selalu terasah tajam maka dia berhasil meraih cita-citanya tersebut. Contoh tersebut hanya salah satu dari sekian banyak contoh yang mungkin pernah anda dengar.

Hal tersebut dapat kita terapkan pula untuk anak-anak kita. Setiap anak kita dorong untuk mempunyai cita-cita, dan bila mereka bingung, kita bantu dengan memberikan gambaran sisi positif dan negatif profesi yang akan mereka pilih tersebut. Bila mereka sudah menentukan pilihan, kita sebagai orang tua harus memberikan penguatan motivasi kepada mereka, dengan banyak cara.

Selain itu, dengan adanya cita-cita, maka kita menjadi lebih fokus untuk mengarahkan apa saja yang dia harus lakukan atau tempuh untuk meraihnya. Misalnya jenjang pendidikan yang harus ditempuh, persiapan fisik, persiapan mental, persiapan biaya, dan sebagainya.

4 thoughts on “Pentingnya Cita-Cita

  1. cita-cita adalah sebagai kompas untuk mengarahkan smua langah kita agar bisa punya tujuan yang jelas, shingga perbuatan qt bisa terarah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s