Belanja Online

Pernah punya pengalaman berbelanja online melalui internet? Berbagai kemudahan dalam berbelanja ditawarkan oleh sistem yang satu ini. Kita tidak perlu bermacet-macet dan bercape-cape ria untuk sekedar membeli suatu barang, cukup duduk manis di kantor atau di rumah dan barang sudah sampai di tujuan. Kita juga akan mendapatkan harga yang kompetitif karena bisa langsung membandingkan antara satu toko dengan yang lain. Selain itu pembayaran pun tetap bisa kita atur, cash on delivery, transfer atm, atau kartu kredit.

Mungkin di antara anda ada yang selama ini masih ragu-ragu dalam berbelanja online karena takut uangnya sudah ditransfer tapi barang tidak sampai ke tangan kita. Saya sudah beberapa kali belanja online dan alhamdulillah tidak pernah bermasalah. Mungkin walaupun kita percaya ada baiknya kita tetap berhati-hati. Tips dalam berbelanja online adalah:

  1. Memilih berbelanja dari situs-situs yang besar yang sudah ramai dibicarakan orang untuk memastikan kebonafitan suatu situs.
  2. Sebisa mungkin pemesanan barang dilakukan dengan menelpon untuk memastikan bahwa nomor yang tercantum bisa dihubungi kembali bila terjadi sesuatu.
  3. Sebisa mungkin pembayaran dengan cash on delivery, kalau tidak bisa baru kita pilih alternatif lain. Hal ini untuk menghindari kemungkinan barang tidak terkirim padahal kita sudah membayar.
  4. Periksa dengan teliti apakah barang yang telah anda terima berfungsi dengan baik, karena kalau tidak berarti anda harus segera melapor. Biasanya mereka mempunyai batas waktu untuk pengembalian barang yang rusak.

Selamat berbelanja online…

3 thoughts on “Belanja Online

  1. hemm, vien lumayan sering mba pesen onlen, tp untuk barang2 yg ga terlalu materiil & ga riskan untuk di expedisikan, such as books n blouses.
    untuk buku, dah sering bgt!! kdg dikirim k GTO, k Jkt (numpang alamat di bag keu ;P) ataw k rumah (Bantul city). so far nyampe terus dg selamat. pernah sekali pesan, stok bukunya abiz padal dah terlanjur transfer, untungnya providernya baik (stuju bgt untuk tips selektif milih situs), via email dikasitau kalo stoknya abiz n doku-nya dtransfer balik.
    untuk baju, emm, ada krg sreg-nya both size n models. but mostly coz of d size sie, (secara aku mungil gitu lhow, hehe, tapi untunge ibuku dulu pernah buka modiste, jadi soal edit-mengedit baju, gampanglah :p)
    tapi ya, lumayan lah, gaperlu panas2 k TA😛

    ***yup, aku jg blum brani pesen yg harganya mahal. Tapi di tv kemarin ada info kalo peraturan tentang kejahatan di dunia maya kaya gini udah ada, sip deh, minimal ada perasaan terlindunginya…***

  2. gw sering banget, dan alhamdulillah belum ada kejadian apa-apa, padahal kebanyakan belinya dari perorangan via milis. yang perlu diperhatikan adalah kita wajib melihat barang yang kita beli dengan deskripsi yang sedetil mungkin dari pembelinya, hal ini perlu untuk menjaga legalitas jual-beli kita sesuai syariah. kalo untuk tips lainnya, kita harus tau reputasi penjualnya, kalau di milis bisa diketahui dari jumlah postingnya atau tingkat fraud di milis tsb, insya allah aman2 aja

    ***Betul pak, thx ya sharingnya…***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s