Kelulusan SD Wewenang Sekolah (2)

Dikutip dari Indo Pos Senin, 7 April 2008

Hasil Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) bagi siswa SD/MI dipastikan tidak akan menjadi satu-satunya penentu kelulusan. Ujian akhir sekolah yang digelar usai UASBN ikut menjadi penentu kelulusan siswa.

Penentu kriteria kelulusan UASBN tersebut, kini menjadi hak dan wewenang sekolah. Setiap sekolah diberi kebebasan menentukan nilai minimal kelulusan untuk tiga mata pelajaran yang diujikan, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, dan Bahasa Indonesia.

”Kami tidak menentukan standar nilai untuk UASBN. Semua menjadi hak dan wewenang sekolah,” ujar Wakil Kepala Dinas Pendidikan asar DKI Jakarta Maman Achdiyat.

Ia mengatakan, tidak adanya standar nilai UASBN memudahkan pihak sekolah menentukan persentase kelulusan siswa. Bisa saja, dengan hasil UASBN yang rendah sekolah tetap meluluskan dengan alasan komponen lainnya memiliki nilai tinggi.

Sistem tersebut, berbeda dengan yang diterapkan untuk siswa SMA/SMK. Bagi mereka, hasil UN menjadi faktor penentu kelulusan. Jika salah satu nilai mata pelajaran di bawah standar yang sudah ditentukan, bisa dipastikan siswa/I yang bersangkutan akan dinyatakan tidak lulus.

Meski bukan penentu kelulusan, kata Maman, hasil UASBN tetap digunakan untuk menyeleksi calon siswa di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yakni SMP/Madrasah Tsanawiyah.

“Untuk seleksi calon siswa SMP/MTs, kami tetap gunakan hasil UASBN,” imbuhnya. UASBN, lanjut Maman, akan digelar serentak 13-15 Mei mendatang, dilanjutkan dengan ujian sekolah tertulis pada 16-19 Mei. Sementara UASBN susulan akan dilaksanakan pada 21-23 Mei.

Ia menambahkan, soal yang akan diujikan merupakan kerjasama Depdiknas Pusat (25%) dan dinas pendidikan masing-masing provinsi (75%).

Tahun ini, siswa DKI Jakarta yang mengikuti UASBN sebanyak 143.301 orang. Sedangkan siswa SMP yang akan ikut ujian nasional (UN) tercatat sebanyak 134.280 orang.

UN SMP akan diselenggarakan pada 5-8 Mei dengan empat mata pelajaran, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Sementara UN untuk siswa SMU/SMK digelar lebih awal yakni 22-24 April dengan jumlah peserta mencapai 118.872 orang.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, UN tahun ini akan menguji enam mata pelajaran. ”Master soal sudah diterima panitia. Tinggal digandakan,” terang Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi DKI Jakarta Margani M. Mustar.

4 thoughts on “Kelulusan SD Wewenang Sekolah (2)

  1. MOHON BANTUAN UNTUK HASIL TRY OUT UASBN SDN NEGERI KERTAJAYA v KIRIM KE EMAIL: ASTHA1996@YAHOO.COM

    ***Bapak, mohon maaf, saya tidak punya data yang bapak minta, saya bukan pegawai Depdiknas. Mungkin di antara pembaca ada yang bisa membantu, bohon untuk menghubungi Pak Hendri. Terima kasih atas kunjungan anda.***

  2. WAH BAGUS SEKALI

    ***Terima kasih atas kunjungan dan komentar anda, semoga artikel tersebut membawa angin segar bagi kita.***

  3. Anak yang ujian orang tua stress, walaupun agak terlambat buku apa yang bagus untuk dipelajari

    ***Itulah fungsi orang tua, selalu berusaha untuk mendapatkan yang terbaik bagi anaknya…Tentang buku saya tidak punya rekomendasi khusus, silakan ibu baca postingan di Kumpulan Buku Persiapan UASBN dan ibu pilih yang menurut ibu paling bermanfaat. Terima kasih***

  4. akU MaU TaNyA DuNgKs? KaPaN SiH PeNgImUmaN sD dAh gX SaBaRaN nIhhhh dEK _DEkAn LuLuS GX yAw Eh kLw dAh dApEt BeRiTa tENtAnG pEnGUMuMaN nYa jnGaN luPa Di PaJaNG Di iNtErNEt bIaR sEMuA BiSa nGElIaT OkE yAw udaH gw teRIMAKaSiH AjA

    Good BlEsS AlL………

    ***Wah, semoga lulus dengan nilai memuaskan ya sayang…dan semoga bisa masuk ke SMP yang kamu inginkan, amin… Tentang pengumumannya, sabar dulu ya, pasti dari pihak sekolah nanti akan memberi kabar…***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s