Pemberlakuan Jam Malam untuk Belajar

Kemarin sore saat pulang kantor, aku mendengarkan acara perbincangan di suatu stasiun radio tentang rencana pemberlakuan jam malam untuk belajar bagi para siswa di Kota Bekasi. Rencananya akan diberlakukan mulai tanggal 2 Mei 2008 bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Aturannya adalah pada jam 19-21, pada para pelajar harus berada di dalam rumah bersama dengan keluarganya untuk belajar. Bila didapati berada di luar rumah akan ditangkap oleh Satpol PP. Hukumannya yang bersekolah di negeri akan dipindahkan ke swasta. Itu sepintas yang aku dengar.

Banyak komentar mengiringi perbincangan tentang kebijakan Pemkot Bekasi ini, antara lain apakah pemerintah berhak untuk mengatur sampai ke kegiatan keluarga seperti ini, apakah akan dilaksanakan secara konsisten, apakah perlu menerapkan suatu kebijakan hukum padahal seharusnya dikondisikan dengan cara memperbaiki budaya masyarakatnya. Setiap kebijakan pemerintah pasti ada pro kontranya karena tidak akan bisa mewakili kepentingan seluruh golongan masyarakat. Namun, apakah kebijakan ini yang paling tepat untuk diberlakukan di antara berbagai alternatif yang ada, itu yang perlu kita kaji bersama. Apakah pendapat anda?

3 thoughts on “Pemberlakuan Jam Malam untuk Belajar

  1. Pemerintah kita lagi ngadain lomba buat UU atau perda, mas. Belajar aja kok diatur pake Perda. apalagi nglibatin SatPol PP. Habis gelap ngga’ terang-terang. salam kenal.🙂

    ***Seakan kita kembali ke era wajib militer ya hehe…salam kenal juga***

  2. hahaha..lucu…kenapa ga orangtuanya aja yang dihukum???jam malam kok cuman sampe jam 21…selebihnya bebas keluyuran dong…menurutku sih tetep paling aman orangtuanya yang kena sangsi..^_^

    ***Setuju, lagipula seefektif apa ya hasil penerapan sistem seperti ini, jadi penasaran…***

  3. yupzz ane setuju klo orang tuanyadi beri sanksi,,,
    mestinya orang tua mesti jagain yuh amanah Allah biar anaknya g terseret ke dlam kesesatan, karna oreng tua pasti ga’ tau anaknya ngapain klo keluyuran,,,

    ***Iya betul, terima kasih atas komentarnya…***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s