Legal Drafting

Minggu lalu, aku mengikuti bimbingan teknis bagaimana membuat konsep peraturan perundang-undangan yang sesuai dengan kaidah hukum atau bahasa kerennya Legal Drafting. Bimtek ini memang sangat bermanfaat karena dalam pekerjaan kami sehari-hari banyak sekali bersinggungan dengan pembuatan peraturan perundangan di bidang keuangan negara.

Yang menjadi masalah utama, biasanya para pengkonsep peraturan perundang-undangan bukan berlatar belakang dari disiplin ilmu hukum. Karena bidang tugas mengharuskan mereka untuk membuat peraturan, maka yang terjadi adalah mereka hanya mementingkan substansi/isi tanpa memikirkan hirarkhi peraturan serta apa yang boleh dan apa yang tidak boleh untuk level peraturan tertentu.

Mempelajari sesuatu yang baru atau sesuatu yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya memang selalu menjadi kegiatan yang menarik. Apalagi diselingi dengan diskusi kelompok yang membuat kita menjadi terbiasa menerapkan suatu pokok bahasan. Misalnya bagaimana membuat Daftar Isian Masalah (DIM) untuk mengidentifikasi apakah untuk mengatasi suatu masalah kita memang harus membuat suatu peraturan atau bisa diselesaikan dengan tindakan nyata. Setelah masalah dan solusi teridentifikasi, kita diminta untuk membuat penormaan dan menuangkannya menjadi pasal-pasal dalam suatu bentuk peraturan. Ternyata dengan memanfaatkan suatu metode membuat kita lebih cepat dan mudah membuat suatu peraturan, sangat berbeda dengan apabila kita hanya membuat konsep tanpa tahu harus memulainya dari mana. Terima kasih Bagian Pengembangan Kepegawaian, terima kasih para pengajar dari FH Unair…

One thought on “Legal Drafting

  1. maaf, ada soft copy materi bimbinga teknis legal draftingnya?
    kalau ada dan berkenan, boleh dong dikirimi.

    thanks.

    puthut

    ***Wah, mohon maaf, saya tidak mengcopy…***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s