Merencanakan Harta Untuk Anak

Sebagian dari Anda yang membaca judul di atas mungkin heran, kok kayaknya judulnya bombastis sekali. Betul, kan? Merencanakan harta untuk anak berarti Anda melakukan perencanaan mengenai harta apa saja yang akan Anda berikan untuk anak Anda kelak. Entah ketika dia sudah dewasa atau saat menikah.

Contohnya sederhana saja: banyak orangtua yang memberikan kendaraan untuk anak mereka yang sudah masuk masa kuliah atau sekolah. Alasannya tentu dengan mobil atau motor, perjalanan ke kampus jadi lancar.

Mungkin Anda berpikir, jangankan harta untuk anak, harta untuk diri sendiri saja tidak banyak. Jadi, buat apa direncanakan segala? Jangan salah paham dulu Bapak Ibu. Yang namanya harta itu tidak selalu harus mahal seperti kendaraan atau rumah. Bisa berupa perhiasan, perabotan atau uang tunai. Uang dengan jumlah tertentu mungkin bagi Anda tidak banyak, tapi bagi anak akan bermakna lain. Yang namanya harta juga bukan berarti selalu materi. Bisa juga non materi. Contohnya, pendidikan.

Jadi sudahkah merencanakan harta untuk anak Anda? Mungkin untuk non materi, hampir semuanya sudah, ya. Bagaimana dengan perencanaan harta yang sifatnya materi? Nah, kalau Anda belum menyiapkan, coba deh dari sekarang diniatkan. Apa saja yang akan Anda siapkan untuk anak Anda. Mulai dari kapan akan menyediakan kendaraan untuknya, apakah Anda akan memberikan uang tunai ketika dia menikah nanti, atau apakah Anda akan membelikannya rumah kelak.

Satu hal yang harus diingat, dalam mempersiapkan harta bagi anak, terutama yang sifatnya materi, tidak ada yang salah atau benar. Artinya, tidak ada keharusan bahwa Anda sebagai orangtua harus membelikannya ini atau itu, karena itu semua betul-betul sangat bergantung dari situasi dan kondisi Anda masing-masing.

Tapi ada pepatah menarik, “uang tidak dibawa mati”. Jadi kenapa Anda tidak mulai merencanakan untuk memberikan anak Anda sebagian dari harta Anda? Entah harta yang sudah Anda miliki sekarang, atau harta yang mungkin Anda siapkan khusus untuknya. Jangan lupa kalau Anda mau mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari, maka biasanya beban Anda akan jauh lebih ringan. Jadi, kenapa Anda tidak mempersiapkan harta itu sejak sekarang?

SIAPKAN TABUNGAN UNTUK ANAK

HARTA yang bisa disiapkan untuk anak, sekarang maupun nanti:

Harta yang bisa Diberikan Sekarang:

  1. Komputer. Kenapa harus komputer? Iya-lah, dengan belajar komputer sejak dini, paling tidak anak Anda akan punya keterampilan berkomputer yang bisa sangat bermanfaat ketika dia besar nanti. Biarkan saja kalau anak Anda sering main game. Game itu bagian dari kreativitas, kok.

Harta yang bisa diberikan nanti, tapi bisa disiapkan sejak sekarang:

  1. Uang Tunai. Dengan menabungkan uang tunai bagi anak, paling tidak Anda sudah mempersiapkan diri kalau-kalau si anak mengalami kondisi darurat yang membutuhkan uang tunai kelak. Plus lagi, uang tunai sering diberikan orangtua bagi anaknya yang baru saja menikah lho. Yah, minimal Anda siapkan sajalah. Kalaupun anak Anda bisa mengumpulkan uang tunai sendiri, ya syukur. Kalau tidak bisa, Anda toh bisa membantunya kan karena dana Anda sudah ada? Bukan begitu?
  2. Kendaraan. Kendaraan bisa Anda berikan kepada anak pada sekitar usia SMU. Jangan lupa, dengan memberikan kendaraan, Anda bisa melatihnya tanggung jawab dalam merawat kendaraan. Mungkin di awal dia tidak terlalu pintar dalam merawat kendaraannya. Tapi dimana-mana orang butuh latihan kan? Kalau bukan Anda yang melatihnya terlebih dulu, siapa lagi?
  3. Rumah. Tidak ada salahnya Anda juga mempersiapkan tabungan untuk persiapannya membeli rumah ketika sudah menikah nanti. Hanya saja perlu diingat bahwa menabung untuk rumah tidak selalu mudah dilakukan, mengingat sebagian dari Anda sendiri mungkin juga belum memiliki rumah sendiri sekarang. Tapi ingat, rumah adalah sesuatu yang bisa diwariskan. Dan dengan mempersiapkan dana untuk membeli rumah bagi anak, paling tidak Anda sudah mempersiapkan diri ketika kelak anak Anda menikah dan belum mampu memiliki rumah sendiri. Tapi ingat, jangan janjikan apa-apa ke anak Anda, sampai Anda rasa dia memang betul-betul tidak bisa membeli rumah sendiri. Kalau Anda janjikan rumah dari sekarang, wah, Anda tidak mendidik dia dong.

Safir Senduk
Perencana Keuangan
Sumber Tabloid NOVA No. 866/XVI

One thought on “Merencanakan Harta Untuk Anak

  1. aku sih lebih memilih harta utk anak adalah ilmu, baik itu melalui komputer, tivi, dlsb.

    ya insyaAllah nanti nya akan “berbunga” menjadi uang, kendaraan, dan rumah, dan laen sebagainya..🙂

    ***Setuju pak, itu juga yang mendasari saya memilih sekolah yang “lebih baik” untuk mereka, insyaAllah akan bermanfaat bagi mereka nantinya, amin… Terima kasih atas komentarnya***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s