10 Kiat Menjelang Pagi Hari

Dikutip dari Haniina, Lembaran Orang Tua dan Guru Edisi 002/1996

  1. Untuk mengatasi suasana hiruk pikuk tidak karuan di pagi hari buatlah satu aturan yang baku.
  2. Pagi hari, ibu tidak membangunkan anak dengan nada kesal namun mencoba membangunkan anak dengan kalimat tahlil. Ibu sudah berwudhu dan memakai mukena sementara sajadah sudah digelar. Setiap anggota keluarga tidak perlu mandi dulu yang penting sikat gigi dan berwudhu agar tidak terlambat sholat subuh. Anak laki-laki yang besar langsung sholat di musholla beserta ayah sementara yang kecil sholat dengan ibunya.
  3. Semua anggota keluarga harus mandi dulu sebelum sarapan pagi.
  4. Mencari prioritas seperti mengurangi hal-hal yang membebani anak, misalnya membereskan tempat tidur. Untuk anak yang sudah kelas 3 SD membereskan tempat tidur tentu tidak dirasakan berat jika dibandingkan dengan adiknya yang masih di taman kanak-kanak. Untuk adiknya bisa dilatih membereskan tempat tidur setelah tidur siang dimana waktunya lebih santai dan anak juga rileks mengerjakannya. Pekerjaan-pekerjaan yang dibebankan kepada anak setiap pagi yang dirasa berat oleh anak akan membuat anak membuang-buang waktu dan malas.
  5. Keluarga mempersiapkan segala hal di malam hari semaksimal mungkin. Seperti menyiapkan buku pelajaran sekolah, menyiapkan pakaian seragam, sepatu dan kaos kaki, pakaian olah raga, botol minum dan kue atau makan siang yang akan dibawa sudah siap. Makanan untuk besok pagi hanya perlu dipanaskan dan tidak perlu mengolah dari bahan mentah (terutama untuk ibu yang punya kegiatan lain selain sebagai ibu rumah tangga).
  6. Orang tua juga dapat bekerja sama dengan guru di sekolah jika anaknya banyak santai sehingga terlambat masuk sekolah. Ketika anak datang terlambat, ibu guru dapat menyapa anak dengan ramah, “Aduh Nabila, sayang sekali kamu datang terlambat. Ibu guru baru saja selesai bercerita tentang Panglima Amru bin Ash dan dua merpati yang sedang bertelur dan mengerami di atas tendanya…” Atau, “Ibu guru lihat kamu sering terlambat. Ibu ingin besok dan seterusnya Nabial tidak terlambat datang dan sudah duduk rapi untuk mendengarkan cerita pagi..”
  7. Usahakan aktifitas rutin dan menjemukan menjadi suatu permainan:”Ibu insya Allah yakin kamu akan bisa selesai mandi saat timer ini berbunyi.”
  8. Jangan biarkan anak memberhentikan aktifitasnya secara langsung. Ini akan membuat anak marah. Berilah anak waktu untuk menyelesaikan aktifitasnya. Anak insya Allah akan dengan senang hati mengerjakan kegiatan rutinnya.
  9. Gunakan timer untuk menghentikan kegiatan anak saat mandi, makan, atau kegiatan lain dimana anak senang berlama-lama.
  10. Sekali waktu boleh diskusikan segala permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan rutin agar anak merasa bahwa semua jadwal hidupnya tidak selalu ditentukan oleh ibunya namun anak juga faham ada hal-hal tertentu yang anak masih boleh mengusul.

5 thoughts on “10 Kiat Menjelang Pagi Hari

  1. Alhamdulillah dapet juga jurus jitu menghadapi hiruk pikuk di pagi hari. Thanks infonya ya… mudah-mudahan kegiatan di pagi hari menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga…

    ***Iya, info semacam ini yang seringkali kita cari, kelihatannya sepele namun jika salah langkah malah tambah runyam..hehehe..***

  2. mbak…aku dah nyiapain semua tadi malem…puas dong bisa berangkat lebih pagi…gataunya pas sudah di mobil, ternyata aku salah makein seragam hari rabu…..balik lagi deh ke rumah…hasilnya ya siang lagi….susah kalo sudah penyakit ‘lupa’

    ***Hehe, teuteup, kalo emang ditakdirkan datang siang ya siang aja, walaupun kita udah usaha, sama ama aku, tadi pagi ban bocor, padahal udah berangkat lebih pagi hikhik…***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s