Terapi Wicara

Entah mengapa Hafid pada saat umur 3 tahun masih belum bisa berbicara dengan jelas seperti anak-anak sebayanya. Apalagi kalau dibandingkan dengan kakak-kakaknya waktu seumur dia. Kalau kita ajukan pertanyaan tidak akan pernah terdengar jawaban, yang ada dia malah mengulang kembali pertanyaan kita. Kami cukup khawatir dengan kondisinya waktu itu karena kebetulan Hafid punya riwayat kesehatan yang kurang bagus di awal kelahirannya dulu. Saat itu kami sudah diingatkan oleh suster yang merawatnya bahwa mungkin akan terjadi hambatan dalam proses tumbuh kembangnya akibat mengkonsumsi obat-obatan yang dosisnya tinggi dalam waktu lama. Sedih juga mendengarnya. Amun alhamdulillah, perkembangannya normal, kecuali untuk urusan bicara ini.

Akhirnya kami coba untuk mengajaknya melakukan terapi wicara di CTK (Center Tumbuh Kembang) Jl. Mampang Prapatan dekat rumah kami. Banyak yang bisa kami pelajari di sana mengenai bagaimana melatih Hafid secara keseharian di rumah. Namun saran terapis yang akhirnya kami ikuti adalah dengan memasukkannya ke sekolah, terserah apakah play group atau TK untuk lebih memacu sosialisasinya. Kami masukkan Hafid ke TK Budhi Asri dengan sebelumnya berkonsultasi dulu dengan calon gurunya mengenai kondisi dan tujuan kami menyekolahkan Hafid di sana. Alhamdulillah, sekitar 2 bulan setelah itu Hafid mengalami perkembangan yang luar biasa. Kebiasaannya untuk mengulang pertanyaan sudah jauh berkurang dan setiap hari ada saja kosa kata yang bertambah. Ternyata sosialisasi merupakan cara yang tepat bagi Hafid karena mungkin memang tidak ada diagnosa lain yang mengganggu secara fisik. Sekarang Hafid sudah 5 tahun dan sudah duduk di TK B1 untuk persiapan masuk SD. Yang membuatku nyaman, guru yang menangani Hafid di TK A waktu itu terus mendampingi Hafid walaupun Hafid sudah 2 kali naik kelas ke B2 dan sekarang B1. Sungguh besar jasa anda Ibu Imah, kami sangat berterima kasih dan berhutang budi atas apa yang anda berikan. Mungkin anda tidak merasa melakukan sesuatu yang di luar kewajiban anda sebagai guru, namun kami merasa apa yang anda lakukan sudah jauh dari hanya sekedar mengajarkan materi TK pada anak-anak didik anda yang lain. Sekali lagi, terima kasih..

One thought on “Terapi Wicara

  1. di jogja ada tempat terapi anak berkebutuhan khusus namanya rumah sahabat. beaya lumayan terjangkau dibanding klinik2 sejenis lainnya. semua anak disana bisa bersekolah di sekolah umum. barangkali bapak ibu ada yang sedang mencari tempat terapi buat anaknya bisa coba kesana atau hubungi nomornya 02748267882

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s