Tiket Kereta Edisi Lebaran

Sudah beberapa hari ini Mbak Devi protes kepadaku, “Mbak, mana postingan barunya?” Aku hanya bisa menjawab dengan senyuman, “belum ada semangat buat nulis, masih cape fisik dan mental…” Tahu kenapa? Perjuangan membeli tiket kereta edisi lebaran saudara-saudara…

Seperti tahun-tahun yang lalu, 30 hari menjelang hari-H lebaran selalu menjadi tradisi untuk rajin ngapel ke Gambir, demi memenuhi keinginan yang kuat untuk pulang kampung saat lebaran. Tapi ternyata tahun ini tidak seberuntung tahun-tahun yang lalu. Sampai hari ini (berarti pemesanan untuk pemberangkatan tanggal 28 September) aku masih belum juga bisa mengantongi tiket kereta kesayangan Gajayana. Sedihnya… Dari mulai tanggal 26 Agustus (untuk pemesanan tanggal 25 September) aku sudah mulai survey dari jam 5 pagi, rencananya akan mulai ngantri besoknya. Ada tiga loket yang dibuka, aku tanya orang yang ada di urutan pertama katanya ngantri dari jam 9 malam (nah lo…), terus sekitar urutan ketiga datang jam 3.30 pagi. Oke, berarti aku harus berangkat lebih pagi besok, tekadku.

Besok paginya aku berangkat dari rumah jam 2 pagi, ternyata begitu sampai disana, aku mendapat nomor urut di atas 30. Padahal loket yang dibuka ada 5, berarti ada sekitar 150 orang yang mengantri di depanku. Langsung deh pesimis. Akhirnya pagi itu rencana kami berubah, kami coba ke Stasiun Tanah Abang, alhamdulillah dapat urutan ke 5. Setelah lama ngobrol kami baru sadar kalau di Tanah Abang ternyata 1 orang pengantri hanya boleh memesan untuk 2 orang. Wah, bagaimana dengan kami yang akan pesan untuk 5 orang dengan hanya 1 orang pengantri, sedangkan dalam bayangan kami minimal dapat mengantri 4 tempat duduklah. Setelah melihat kenyataan ini, akhirnya aku coba untuk booking tiket Garuda, alhamdulillah dapat yang harga promo dan issued boleh sampai tanggal 9. Lumayan lega, dapat cadangan pilihan, tapi kalau membayangkan harga tiket (meskipun promo) dan harus ada tambahan dana untuk taxi dari Surabaya membuat kami bertekad untuk tetap berusaha, siapa tahu berhasil dapat tiket kereta.

Kami meninggalkan Tanah Abang jam 6 karena sudah pesimis (pengalaman tahun lalu, aku ngantri urutan pertama di Tanah Abang tapi tetap gak dapat tiket Gajayana karena begitu dibuka sistemnya Gajayana sudah langsung habis.. “Bagaimana bisa ya?”). Mulai jam 7 aku coba terus menerus untuk menelpon pemesanan tiket kereta online PT KAI, jam 8 baru nyambung, dan bisa ditebak, Gajayana habis. Aku dapat Argo Bromo Anggrek, tapi akhirnya kami lepas ke teman yang ingin ke Surabaya, karena sudah terbayang setelah cape berkereta ke Surabaya harus menempuh perjalanan minimal 3 jam lagi.

Hari Kamis tetap usaha lagi, tetapi melalui telepon dan agen perjalanan, hasilnya tetap nihil. Teman kami yang mengantri dari jam 9 malam hanya dapat urutan nomor 7. Katanya begitu urutan ke 2, tiket Gajayana sudah habis, jadi dia dapat Bima. Wah, ada sedikit rasa syukur juga kami tidak memaksakan diri untuk mengantri lagi pagi itu, kalau ternyata tetap tidak dapat. Hari Jumat pagi ini aku juga usaha lagi melalui telepon, hasilnya sama, habis semua untuk jurusan Jawa Timur. Kesimpulan dari cerita yang panjang ini adalah tanda tanya besar, “lalu usaha apa lagi yang harus kami tempuh untuk dapat tiket kereta Gajayana lebaran?” Sedihnya… Anybody can help us???

6 thoughts on “Tiket Kereta Edisi Lebaran

  1. alhamdulillah, terjawab sudah…hari ini siang dah dapet tiket kan bu….aku juga lagi bingung nih, mobil dibalikin ke kantor..terus mau mudik gimana nanti…hihihi…paling apes minta dijemput dari kampung…(gamau rugi banget ya, manfaatin kangennya nenek ke Rahma Rafif Syafa…), soalnya mertua dah nawarin duluan mau jemput mantu tersayang..hahaha…

    ***Iya, alhamdulillah tiket sudah di tangan, gak sia-sia perjuangan panjang ini. Sekarang udah bisa tertawa lebar.. Kalau aku yang jadi si menantu tersebut, wah, bahagianya, tak akan kubiarkan tawaran itu berlalu begitu saja hihihi…***

  2. hwa…hwa..
    masih setia nunggu tiket…
    fu..fuu…
    (sabar..sabar..)
    niat naik excecutif (hii..hii. 1th sekali)
    tapi jika ga dapat yaa ekonomi pun jln..
    yang penting nyampe walo harus desak2an..
    moga 1 gerbong banyak ceweknya,,,
    biar ga kerasa capeknya…
    (bukannya malah capek suruh2 angkat tasnya)

    ***Hahaha, bener, selama gak bawa anak2 sih cuek ae bozz…***

  3. wah, mba,, hamdalah, vien dah dapet,, kmrn ngikut pesen yg nitip k wanto tu loh,,
    tinggal nunggu turunnya tiket gto-jkt ajah nie, soalnya msh mahal.. by sriwijaya di harga 1898000, di lion 1779000.. ugh, bener krasa neh dampak kenaikan harga minyak dunia,, hiks… dulu sgitu dah PP GTO-JKT, skrg cm skali jalan..

    ***Waduh nak, kasian bener, semoga pahala silaturahminya berbanding lurus dengan pengorbanan yang harus kita lakukan ya..amin..***

  4. Jgn lupa oleh2 ntar kalo pulang balik ya bu….
    ya apalah dari kampung halaman tercinta utk dibawa ke kota.😀
    (blm jg mudik udah dimintain oleh2, komen ko ga nyambung, ga ada melas2nya sama skali bca tulisan org yg berjuang dpt tiket):(
    begitukan isi hati ibu Far??
    bkn seperti itu bu, ak cuma ga ingin menambah kesedihan bu Far dgn rasa simpatiku yg kdg lebay😀

    btw, smoga perjuangan mendapatkan tiket itu terbayar dengan kebahagiaan saat berkumpul dgn keluarga besar disana bu.
    pisss ah….

    ***Amin, jadi terharu…hiks… Soal oleh-oleh, ntar aku beliin di stasiun aja ya (kebawa kebiasaan kalo keluar kota ngandelin beli oleh-oleh di bandara) ato malah kalo ga sempet ntar aku beliin di Hero ato Giant aja, sing penting ada kan?? hihi..***

  5. Kemarin nitip Mas Tantri… ternyata seberat itu ya Mbak perjuangannya. Maaf baru bisa mampir, kemarin-kemarin mau masukin komentar kok susah banget…

    ***Begitulah cerita yang pasti akan terulang di masa-masa mendatang, bahkan pasti lebih heboh lagi hehe. Wah, seneng banget bisa silaturahmi lagi, keep in touch ya bu…***

  6. Saya mau beli tiket kereta Tujuan jakarta/tanah abang ke Cilacap(Kelas bisnis) bisa ngga ya? terimakasih…

    ***Maaf bapak, saya juga konsumen seperti bapak, mungkin bapak bisa hubungi pembelian tiket PT KAI di nomor 13897 (hanya bisa dari HP GSM dengan tarif premium), langsung ke stasiun terdekat untuk memesan, atau melalui agen-agen perjalanan yang ditunjuk PT KAI. Selamat hunting ya pak…***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s