Muhammad Yunus, Sang Pengentas Kemiskinan

Beberapa hari yang lalu aku sempat membaca sebuah buku tentang biografi Muhammad Yunus, peraih Nobel bidang Ekonomi dari Bangladesh. Kisah tentang seseorang yang tulus ikhlas ingin mengentaskan seluruh rakyat Bangladesh dari kungkungan kemiskinan yang sangat mengkhawatirkan.

Entah mengapa, begitu mulai membaca rasanya cerita yang disajikan sangat mengalir secara natural, sangat enak untuk diikuti, sangat gamblang bagi orang awam teori ekonomi sekalipun. Tidak heran kalau aku sangat ingin segera membaca seluruh isi buku itu tanpa jeda.

Di luar cara penulisan yang mengesankan itu, inti dari buku ini menggambarkan perjuangan seseorang yang sangat peduli akan nasib masyarakat termiskin di sekitarnya. Segala cara dicoba, trial and error, sampai menemukan suatu formula yang sangat cerdik, sangat detil, dan sangat manjur untuk mengangkat harkat dan martabat orang-orang yang hampir selalu dianggap tidak ada ini. Luar biasa, itu yang senantiasa kuucapkan dalam hati. Alangkah mulianya sosok Muhammad Yunus ini. Ada sebersit rasa malu karena sampai hari ini aku tidak pernah berbuat sesuatu yang minimal bisa mengangkat masyarakat sekitarku dari kemiskinan, selain sebatas zakat dan sedekah.

Metode yang digunakan oleh Muhammad Yunus ini telah diadopsi di banyak negara, termasuk Malaysia, negara-negara Eropa, Afrika, Amerika Latin, bahkan Amerika Serikat sendiri yang bisa dibilang negara tersukses di dunia, dan ajaibnya, semuanya berjalan. Itulah yang membuatku heran, mengapa di Indonesia ini tidak bisa diterapkan, di kata pengantar kita bisa baca bahwa di Jawa Barat pernah dicoba tapi kemudian tenggelam. Alangkah sayangnya…ide yang sangat brilian ini tidak bisa kita terapkan di sini sedangkan di negara terdekat dari kita yang budayanya hampir sama pun ternyata bisa…

One thought on “Muhammad Yunus, Sang Pengentas Kemiskinan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s