Honorarium Pengelola Kegiatan Pelaksanaan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat

Setelah selama ini ditunggu-tunggu, akhirnya para penyelenggara Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat boleh berlega hati, karena mulai tahun 2010 telah ditetapkan tarif honorarium per bulan atas jerih payah penyusunan Laporan Keuangan. Tarif honorarium ini dapat dianggarkan dengan mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan No. 01/PM.02/2009 tentang Standar Biaya Umum Tahun Anggaran 2010. Pada angka 5 dalam PMK tersebut, disebutkan bahwa honor Pemimpin Kegiatan adalah Rp300.000,00 per OB dan honor Staf Kegiatan adalah Rp150.000,00 per OB. Alhamdulillah, akhirnya upaya kita untuk menghasilkan Laporan Keuangan yang berkualitas mendapatkan penghargaan juga. Selamat ya rekan-rekan semua…

16 thoughts on “Honorarium Pengelola Kegiatan Pelaksanaan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat

  1. Alhamdulillah, akhirnya Keluar juga Permenkeunya……mudah2 dapat menambah motivasi dan Laporan Keuangan Kementerian/lembaga meNjadi baik (WTP):)

    ***Betul pak, kita dituntut memenuhi kewajiban kita, selayaknya kita juga didukung dalam mendapatkan hak kita…***

    1. Honor Pengelola SAI untuk PNS atau NON PNS ? soal nya kalau lihat di SBU tahun 2013 seperti ini “Honorarium diberikan kepada pegawai negeri yang diberi tugas
      melakukan pengumpulan data, pencatatan, pengikhtisaran sampai
      dengan pelaporan posisi keuangan dan operasi keuangan pada
      Kementerian Negara/Lembaga……” Artinya Non PNS tidak bisa menerima honor pengelola SAI

  2. kami sangat antusias menunggu hal tersebut….
    tapi bagaimana yang Menyusun Laporan Keuangan sudah bertahun-tahun tapi belum PNS tolong juga diperhatikan….
    terima kasih

    ***terima kasih atas komentar bapak, mengenai pegawai yang belum PNS semoga juga menjadi perhatian bagi pihak-pihak terkait ya pak…***

  3. Hehe… selamat buat semua pengelola Akuntansi Pemerintah Pusat..
    Tapi sebenernya namanya salah.. harusnya pengelola SAI aja.. tidak termasuk SABUN… CMIIW

    ***Wah, suatu kehormatan nih, yang empunya memberikan klarifikasi di sini. Terima kasih… ngomong-ngomong pengelola SABUN gak dapat honor dong hehe…***

  4. masa’ sih segitu? bohong kali’…
    kita terimanya cuma 50.000 perbulan, itupun terakhir kita terima 1 tahun yang lalu, tidak genap 12 bulan…..

    1. kalo yang sudah berlangsung sih honor untuk operator paling sedikit… yang banyak ya pemimpinnya… padahal kebanyakan mereka ga tau sama sekali alur2 nya. parahnya lagi ada yang taunya cuma tanda tangan doank….

  5. Pengalaman yg sudah sudah memang begitu apalagi operator SIMAK-BMN harus bekerja keras atas laporan BMNnya soalnya sekarang BMN lagi disorot oleh BPK dan klo BMN itu abadi tidak seperti di SAKPA😦 mudah2an para aTASAN Memperhatikan trima kasih

  6. Kenapa di DIPA Polri TA 2010 belum ada honor untuk Operator SAI dan Honor untuk pengelola Keuangan ? di Instansi yang lain sudah berjalan beberapa tahun,tapi di Polri belum ada sampai skrng….tdk adil donk kalo brgitu !!!!

  7. Web yang sempurna … ada kutipan ayat suci Al-Qur’an dan asmaul Husna.
    Salam kenal. Saya operator SAI pada salah satu UPT Kementerian Kehutanan di Manokwari, Papua Barat tepatnya pada satker Sekolah Kehutanan Menengah Atas, yang sekarang sudah diubah menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan.
    Karena latar belakang saya adalah sarjana kehutanan, saat diserahi tugas menjadi operator SAI dan membuat LK sempat mengalami kesulitan juga. Namun berkat bimbingan yang terus menerus dari PPK dan beberapa kali mengikuti sosialisasi dan pembinaan SAK yang diadakan Kementerian Kehutanan bekerja sama dengan Kementerian Keuangan, akhirnya kesulitan yang dihadapi sedikit demi sedikit dapat diatasi.
    Oh ya, saya ingin menanyakan beberapa hal sebagai berikut :
    1. Menurut informasi yang sering saya dengar saat mengikuti sosialisasi, Basis Akrual penuh akan diberlakukan pada tahun 2015. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan basis akrual penuh tersebut ? apakah nanti aplikasinya tinggal satu aplikasi saja ?
    2. Apakah ada standar honor untuk operator SAI. Apakah Honor untuk operator SAI lain dengan honor untuk pembuat laporan keuangan ?
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawaban Ibu.
    Hormat saya,
    Rahman.

  8. Alhamdulillah, salam kenal kembali Pak Rahman. Saya sangat mengapresiasi perhatian dan usaha bapak dalam menekuni akuntansi pemerintahan ini. Untuk jawaban pertanyaan bapak:
    1. Basis kita yg sekarang (Kas menuju Akrual) mengatakan bahwa untuk akun2 LRA kita memakai basis kas, sedangkan neraca kita memakai basis akrual. Nantinya jika sudah memakai basis akrual penuh, maka akan ada perubahan pada kapan suatu transaksi mulai dicatat pak. Misalnya belanja, kan selama ini dicatatnya pada saat SP2D keluar atau uang kas negara keluar karena kita berbasis kas. Nantinya pada saat akrual penuh, pencatatannya pada saat transaksi terjadi. Untuk aplikasinya nanti mungkin akan berubah, tapi belum kita ketahui persis seperti apa, kita tunggu saja ya..
    2. sepertinya sama ya pak, istilahnya saja yg berbeda antara pembuat laporan dan operator SAI..

    Terima kasih atas kunjungan bapak, semoga kita bisa terus bersilaturahmi..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s