BPK: Rapor Keuangan Pemerintah Naik Tingkat

Selasa, 01/06/2010 14:11 WIB

Herdaru PurnomodetikFinance

Jakarta – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2009.

Hal ini berarti terjadi peningkatan opini dari tahun sebelumnya atau sejak 2004 sampai 2008 dimana BPK memberikan opini Tidak Menyatakan Pendapat atau Disclaimer.

Demikian disampaikan oleh Ketua BPK Hadi Poernomo dalam penyampaian laporan hasil pemeriksaan BPK RI atas LKPP 2009 kepada DPR-RI di Gedung DPR-RI, Jakarta, Selasa (01/06/2010).

“Atas LKPP tahun 2009, BPK memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (qualified opinion),” ujar Hadi.

Peningkatan ini, lanjut Hadi perlu dihargai sebagai hasil kerja keras pemerintah dalam memperbaiki akuntabilitas keuangan negara.

“Peningkatan opini LKPP ini tidak lepas dari peningkatan dalam penyajian laporan keuangan kemenetrian atau lembaga dengan memperbaiki sistem pembukuan dan sistem teknologi informasi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, menata kekayaan instansi, serta mematuhi peraturan yang berlaku,” tuturnya.

Berbagai instansi, lanjut Hadi, juga mulai menertibkan pungutan non pajak, menata sistem pembukuan dan rekening penyimpanan uangnya.

“Untuk itu BPK memberikan penghargaan kepada pemerintah yang telah banyak mengikuti rekomendasi BPK sehingga opini pada kementerian atau lembaga banyak mengalami peningkatan,” katanya.

LKPP menunjukkan kemajuan yang signifikan. BPK mencatat jumlah kementerian/lembaga yang mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) meningkat dari 7 pada 2006 menjadi 16 pada 2007 kemudian menjadi 35 pada 2008. “Dan Pada 2009 menjadi 45,” jelas Hadi.

Perbakikan opini pemeriksaan atas kementerian/lembaga terjadi di Kepolisian, Kejaksaan Agung, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Agama, Kementerian Kehutanan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, serta Badan Pusat Statistik (BPS).

LKPP tahun 2009 yang diperiksa BPK meliputi laporan realisasi anggaran, neraca, laporan arus kas, dan catatan laporan keuangan.

Dalam laporan realisasi anggaran tahun 2009 pemerintah melaporkan realisasi pendapatan sebesar Rp 848,76 triliun dan realisasi belanja sebesar Rp 937,38 triliun.

“Pendapatan negara tahun 2009 tersebut mencapai 97% dibandingkan anggaran sebesar Rp 871,00 atau hanya sebesar 86% dibandingkan pendapatan tahun 2008 yang sebesar Rp 981,61 triliun,” katanya.

Jenis pendapatan yang mengalami penurunan paling tinggi di 2009, sambung Hadi, adalah penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dengan penurunan sebesar Rp 93,43 triliun atau turun 29% dibandingkan dengan tahun 2008,

“Sementara itu realisasi penerimaan pajak tahun 2009 adalah sebesar Rp 619,92 triliun atau hanya mencapai 95% dari anggaran sebesar Rp 651,95 triliun. Penerimaan perpajakan tahun 2009 tersebut juga mengalami penurunan sebesar Rp38,78 triliun atau turun 6% jika dibandingkan dengan realisasi tahun 2008,” tandas Hadi. (dru/dnl)

10 thoughts on “BPK: Rapor Keuangan Pemerintah Naik Tingkat

  1. Salut untuk semua kemetrian yang telah mencapai rapor laporan keuangan & ada peningkatan dari tahun ke tahun semoga tidak WDP lagi di tahun mendatang tapi WTP. Jangan bosan untuk saling berkomunikasi Insya Allah banyak manfaatnya.

    1. Yup, bener sekali pak, sangat salut atas kerja keras dan kesungguhan semua pihak, KL dan BPK dalam mewujudkan akuntabilitas dan transparansi yg baik.. selamat untuk semua..
      Tentang komunikasi, saya sangat setuju, karena saling berbagi pengalaman akan sangat membantu dalam menyelesaikan masalah2 dan hambatan2 yang ada. Pak Hari jika mempunyai hal yg bs dishare disini silakan kirim ke email saya, dengan senang hati akan saya posting.. terima kasih..

      1. Mohon mbak Farida berkenan untuk mengirimkan alamat e-mail kepada saya, Insya Allah kalau ada sesuatu yang menarik dan dapat di share akan kukirimkan. Perjuangan masih panjang . . . kita songsong dengan penuh pengabdian. Salam

  2. Assalamualaikum,wr.wb.

    Alhamdulillah. kerja keras kami menghasil buah yang manis. meskipun belum mencapai yang diharapkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s