Arisan Jarak Jauh

Dengan munculnya media sosial yang akhirnya dapat mempertemukan kita kembali dengan kawan-kawan lama atau saudara-saudara di perantauan memang merupakan suatu keajaiban tersendiri. Silaturahim tersambung kembali walaupun secara fisik saling berjauhan. Kata-kata reuni sekarang sangat marak saat ada hari-hari besar atau liburan yang memungkinkan kita untuk bertemu secara fisik. Bahkan  chatting via group di handphone saat ini sangat booming. Namun ada kalanya kita kehabisan bahan omongan atau bosan dengan suatu group karena biasanya bahan omongan yang ada hanya seputar nostalgia. Jika sudah begitu, group hanya sekedar muncul di hp tanpa pernah kita buka lagi. Sayang bukan? Nah, ada satu solusi yang asyik bila dijalankan, namun harus dilandasi dengan kepercayaan karena terkait dengan sejumlah uang. Arisan Jarak Jauh namanya.

Caranya bagaimana? Bukannya arisan identik dengan berkumpul setiap periode tertentu di salah satu rumah anggota kemudian menentukan pemenang dengan sistem kocokan kertas? Itu lazimnya dan bila memungkinkan. Namun jika tidak memungkinkan, arisan tetap bisa kita laksanakan. Langkah-langkah sederhananya seperti ini:

  1. Tunjuk bendahara arisan yang dapat dipercaya dan mempunyai rekening bank. Sebaiknya rekening tersebut dilengkapi dengan sms banking atau internet banking.
  2. Buat daftar peserta yang diberikan nomer urut, bisa berdasarkan urutan mendaftar, abjad nama, senioritas, atau urutan lain.
  3. Masing-masing anggota arisan mentransfer uang arisan dengan diakhiri digit nomer anggota untuk memudahkan pengecekan apakah uangnya sudah masuk ke rekening bendahara atau belum. Buat batas waktunya, misalkan transfer dibuka tanggal sekian sampai sekian setiap bulan.
  4. Bendahara setiap hari mengupdate laporan untuk diupload di group, berisikan nama-nama yang belum membayar sampai hari itu. Taktik ini sekaligus untuk “mempermalukan” mereka yang belum membayar hehehe… bukan, maksudnya untuk mengingatkan siapa yang belum membayar sekaligus yang namanya sudah terhapus berarti sudah konfirm diterima uangnya. Memang agak repot, butuh orang yang mau dan mampu meluangkan waktu untuk sedikit bekerja lebih setiap bulan.
  5. Untuk menentukan pemenang setelah semua transfer uang, tidak perlu pakai cara konvensional dengan kocokan kertas. Sekarang di android ada aplikasi Arisan yang dengan mudah bisa anda download. Cara pemakaiannya pun sederhana, langkah pertama isikan nama-nama anggota, langkah ini cukup sekali. Kemudian setiap akan menentukan pemenang klik kocok atau raffle. Otomatis pemenang akan muncul secara acak. Begitu nama pemenang muncul, jangan tutup dulu, langsung lakukan print screen dengan cara tekan tombol volume down dan power secara bersamaan. Jika sudah terfoto dengan print screen, upload fotonya di group untuk mengumumkan pemenang.
  6. Terakhir, bendahara mentransfer uang arisan kepada pemenang.

Sooooo simple bukan? Hehehe…kalau ini anda anggap ide bagus dan komunitas anda setuju, silakan lakukan, fun kok, setiap bulan ada bahasan seru yang bisa menghidupkan suasana group chattingan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s