Kas di Bendahara Penerimaan pada SAIBA

Kas di Bendahara Penerimaan merupakan akun yang disiapkan untuk menampung suatu peristiwa dimana pada Satuan Kerja masih terdapat kas dari hasil penerimaan PNBP yang pada tanggal 31 Desember belum sempat disetor ke rekening Kas Umum Negara. Terdapat perbedaan perlakuan pada saat kita menggunakan SAKPA pada tahun 2014 kemarin dengan SAIBA pada tahun 2015 ini. Sebagaimana kita pahami bersama, di Tahun 2014 Pemerintah Pusat masih menerapkan Basis Kas Menuju Akrual (Cash Towards Accrual/CTA). Titik pengakuan pendapatan adalah pada saat diterima oleh Kas Umum Negara, sehingga walaupun uang sudah ada di Satuan Kerja namun belum sempat disetor karena sesuatu hal, maka uang tersebut belum diakui sebagai Pendapatan dan belum masuk sebagai Realisasi Pendapatan di Laporan Realisasi Pendapatan. Dengan demikian, pada SAKPA, operator diminta untuk menjurnal transaksi ini pada menu Neraca dengan jurnal:

            D:            Kas di Bendahara Pengeluaran

            K:            Pendapatan yang Ditangguhkan

Kas di Bendahara Pengeluaran akan muncul sebagai Aset Lancar dan Pendapatan yang Ditangguhkan akan muncul sebagai Kewajiban Jangka Pendek di Neraca, dengan format seperti di bawah ini:

Aset Lancar   Kewajiban Jangka Pendek  
Kas di Bendahara Penerimaan 100 Pendapatan yang Ditangguhkan 100

Di Tahun 2015, Basis yang diterapkan adalah Basis Akrual (Accrual). Dalam basis ini, titik pengakuan pendapatan adalah pada saat hak timbul, atau dengan kata lain, pada saat uang tersebut diterima oleh Satker bila proses penerimaannya tanpa tagihan terlebih dahulu, atau pada saat tagihan diterbitkan apabila proses penerimaannya melalui tagihan. Dengan demikian, uang yang sudah masuk ke Satker tadi telah dianggap Pendapatan pada tahun 2014 berdasarkan basis akrual. Pendapatan merupakan akun sementara (nominal) yang pada akhir tahun ditutup untuk dimasukkan ke Ekuitas. Atas dasar pengertian tersebut, maka pada saat Satker bermigrasi ke SAIBA di awal 2015 dan mengambil Saldo Awal dari SAKPA 2014, maka dalam Neraca Awal Satker tanggal 1 Januari 2015 otomatis akan muncul sebagai berikut:

Aset Lancar   Ekuitas  
Kas di Bendahara Penerimaan 100 Ekuitas 100

Selanjutnya, di akhir tahun 2015 apabila terjadi hal yang sama terulang, yang harus dilakukan adalah menginput jurnal pada menu Jurnal Penyesuaian sebagai berikut:

             D:            Kas di Bendahara Penerimaan

             K:            Pendapatan … (sesuai jenis pendapatannya)

Semoga dapat membantu teman-teman operator untuk lebih memahami SAIBA🙂

2 thoughts on “Kas di Bendahara Penerimaan pada SAIBA

  1. bagaimana pencatatan untuk satker baru menggunakan saiba tanpa pelaporan di sakpa pada tahun 2014 dikarenakan dipa terbit bulan Mei 2015

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s