Profil

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Media Pembelajaran Kami ini adalah Blog Keluarga yang saya buat untuk memudahkan kami sekeluarga dalam menemukan dan mengingat hal-hal yang bermanfaat bagi hidup kami. Jika apa yang kami posting di sini juga bermanfaat untuk anda, alhamdulillah…

Nama saya Farida Aryani, Ak, M.Si. Lahir di Kediri, Jawa Timur. Bersekolah di SDN Dandangan III Kediri, SMPN 1 Kediri, SMAN 2 Kediri, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, dan Universitas Sumatera Utara. Sejak tahun 1995 bekerja di Departemen Keuangan, posisi sekarang sebagai pegawai pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Medan I, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan. Suami tercinta Ahmad Supiyanto, SE, beliau sekarang bekerja di Kantor Pelayanan Pajak Madya Medan.

Berikut sedikit penjelasan tentang halaman yang ada dalam Blog ini:

Berlatar belakang seorang ibu rumah tangga yang mendapat amanah 2 putri  (Aida Fitryani dan Marisa Raudiah) dan 1 putra (M. Hafid Malik), saya ingin mengenang perjalanan hidup anak2 dan hal-hal yang mereka butuhkan dalam menempuh pendidikan. Saat ini Aida kuliah di Universitas Multimedia Nusantara Serpong Program Studi Sistem Komputer, Marisa di Universitas Sumatera Utara Jurusan Teknologi Informasi, dan Hafid di Islamic Full Day School Siti Hajar Medan kelas 8A. Sebelumnya mereka menempuh pendidikan di Madina Islamic School Jakarta, SDIT Insan Mandiri Jakarta, SMAN 1 Medan, dan Al Azhar Medan.

Kebetulan saya pernah tergabung dalam beberapa keanggotaan Tim (saat ini sudah tidak lagi) yaitu:

– Kelompok Kerja Komite Standar Akuntansi Pemerintahan yang bertugas mengembangkan Standar Akuntansi bagi sektor Pemerintahan di negara kita tercinta ini.

– Koordinator Pelaporan pada Government Financial Management and Revenue Administration Project (Dana Loan dari Bank Dunia)

– Tim Seleksi Pengajar dan Peserta pada Program Percepatan Akuntabilitas Keuangan Pemerintah

Mungkin dari pengalaman kerja dalam tim maupun secara struktural ada yang bisa saya share di halaman ini kepada anda sekalian. Beberapa pengalaman mengajar pada bidang Akuntansi Pemerintahan baik tentang Standar Akuntansi Pemerintahan, Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat, maupun Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah semoga dapat melengkapi khasanah ilmu yang bisa saya bagi disini.

Pada halaman ini saya ingin mengumpulkan tulisan baik dari para ahli dalam keuangan keluarga maupun tulisan saya sendiri yang bisa saya jadikan referensi dalam menata keuangan keluarga.

Pada halaman ini saya ingin mengumpulkan semua peraturan yang nantinya akan bisa saya pergunakan sebagai bahan referensi bagi tugas saya sehari-hari di bidang akuntansi pemerintahan. Semoga bermanfaat pula bagi anda yang membutuhkan atau sedang mencari peraturan terkait.

Miscellaneous atau rupa-rupa, hehe… pokoknya segala tulisan yang tidak bisa saya kategorikan dalam halaman di atas


Saran dan kritik dari anda sangat terbuka luas, silakan menuliskan komentar, tentu saja dengan bahasa yang baik ya..hehe.. Terima kasih atas perkenan anda untuk berkunjung di blog kami ini..

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Farida

59 thoughts on “Profil

  1. Terima kasih bu Farida, atas “Media Pembelajaran Kami” ini yang sangat membantu mendapatkan peraturan2 sebagai bahan pemandu/referensi untuk Akuntansi Pemerintahan. Dimana kami di daerah sangat terbantu untuk mendapatkan bahan-bahan yang berhubungan dengan Akuntansi Pemerintahan guna penyempurnaan atau meningkatkan mutu Laporan Keuangan Pemerintah Pusat.
    Kami mohon agar dalam “arena ini” ditingkatkan kelengkapannya, terutama peraturan2 yang terbaru, baik itu PP,KMK/PMK/Perdirjen dan lain sebagainya.

    Lanjutkan….. dan tingkatkan.
    Sekian dan Terima kasih, Horass.
    by- Puridin Manurung
    Pegawai Kanwil Ditjen PBN Provinsi Sumatera Utara
    Medan.

    1. Terima kasih Pak Manurung, saya sangat bersyukur jika blog ini bisa membantu rekan2 dalam meningkatklan kualitas laporan keuangan negara kita… mohon maaf jika banyak yang belum terupdate karena kadang sulit mencuri waktu di sini🙂
      Baik pak, semoga saya bisa lebih komit dalam mengembangkan blog ini…mohon dukungannya selalu…;)

  2. Mohon bantuannya untuk passing grade th. 2009/2010 di smp negeri jakarta terutama jakarta pusat.

    karena putri saya mau masuk smp thn ini,sebelumnya terima kasih saya ucapkan atas perhatian dan

    bantuannya.

    1. ibu, apa kabar…semoga ananda sukses menempuh UASBN tahun ini ya, amin. Koreksi untuk informasi saya kemarin: Untuk passing grade SMP 2008 dan 2009 dapat ibu dapatkan di Postingan berjudul PSB SMP DKI 2009/2010 di halaman Aida,Risa,Hafid. Sedangkan untuk tahun 2010 nanti akan kita dapatkan di hari pengumuman pendaftaran. Semoga ananda mendapat sekolah sesuai dengan keinginan keluarga ya bu…amin…

  3. Saya mengapresiasi sekali tulisan Ibu, terutama soal akuntansi pemerintahan.
    Saya (juga) memiliki ketertarikan pada ilmu ini (seperti Anda), mungkin karenma bawaan dari STAN juga seperti Ibu.
    Namun selepas dari Jurang Mangu, ilmu2 yang dulu mengalir itu terhenti, karena memang sudah tidak ada dosen2 yang cerita pengalaman dan aturan2 terbaru ke saya seperti waktu kuliah.
    Saya harap Ibu yang selalu up to date (membaca karir Ibu pada KSAP) atas akpem, terutama peraturan akuntansi/pengelolaan keuangan dapat selalu berbagi di sini. karena memang tidak mungkin kami selalu up to date atas aturan hingga perdirjen atau SE Dirjen Perbendaharaan. Saya pun membutuhkan hal ini karena saya sekarang di BPK, jadi tidak lepas juga dari accounting.

    Terima Kasih.

    1. Alhamdulillah…terima kasih Pak Fauzan, salam kenal ya pak. Saya memang mempunyai semacam kewajiban moral untuk sharing info ttg akuntansi pemerintah kepada para pembaca karena bidang tugas saya memang memungkinkan untuk itu, dan saya lihat teman-teman seprofesi tidak mempunyai waktu yang cukup untuk membuat blog spt ini. Walaupun semua yang saya tulis di sini sebenarnya memang sudah ada di web terkait, namun saya merasa kalau di blog lebih bersifat informal sehingga bisa membuat teman-teman lebih nyaman dalam mengkomunikasikan uneg-unegnya dibanding harus menulis di web resmi.
      Baik pak, insyaAllah saya akan terus update…dengan dukungan anda dan teman-teman semua tentu saja. Kalau ada yang perlu saya ulas atau saya upload di sini mohon diinformasikan.

      Sekali lagi terima kasih pak, semoga semua bidang tugas terkait akuntansi pemerintahan bisa bersinergi untuk kepentingan bangsa, amin…

  4. walaaah… ternyata alumni stan juga????
    truz kira2 yang namanya standar akuntansi tuh membantu atau nambah sussah sih?
    kalo Anda bilang (normanya) membantu dan memudahkan (teorinya gitu kan ya???)
    Anda pernah ngerasain dilapangan apa ndak???
    tahukah Anda bahwa aturan, teori, norma, agama de el el itu ndak masuk dalam arena implementasi keuangan negara???
    lha PPAKP, tahukah Anda berapa honornya???
    Maaf mbak, puluhan milyar untuk PPAKP itu apa tidak bisa dipandang sebagai pemborosan???
    (jangan mikir 150 mobil @1milyar lebih dulu)
    Anda sempat ngajar dan menikmati honornya tentu kan???
    Insya ALLAH halal… pasti hitu mikirnya yak? yah potong 2,5% zakat makin bersih gitu???
    Emang tidak cukup dengan nyebarin manual dan CD dan biarkan KPPN yang sosialisasi demi AZAS EFISIEN DAN EKONOMIS, dan tidak usah bagi-bagi duit sama “temen-temen”???
    Kepentingan negara yang mana yang dibela???
    Bagaimana bisa yak, saya yang cuman lulusan SD aja ngerasa itu ndak EFISIEN DAN EKONOMIS…
    Mungkin saking bodohnya dan tidak beragamanya saya yak….
    Tambah dikit nih… keprihatinan saya dan beberapa temen saya…
    Kami sengaja untuk tidak berkiprah terlalu banyak dipemerintahan karena memang kami masih merasa sangat kecilnya tekad aparatur untuk “benar-benar” berpikir dan bekerja untuk kemaslahatan rakyat….

    1. assalamu’alaikum pak hareez🙂
      terima kasih atas penyampaian “uneg-uneg” anda. anda mengatakan di kalimat pertama: walaaah…ternyata alumni stan juga? apakah itu berarti sama dengan anda ?🙂
      terima kasih pak, masukan anda yang sangat tajam ini bisa jadi ada benarnya, saya sebagai “aparatur pemerintah” selama ini hanya berniat untuk memberikan yang terbaik. kalau apa yang terjadi sekarang masih dianggap belum memadai untuk kemaslahatan rakyat, mari kita bersinergi, mana-mana yang kurang mohon masukannya. kalau kita semua sengaja tidak berkiprah terlalu banyak di pemerintahan, saya tidak tahu apa jadinya. saya secara pribadi mohon maaf jika apa yang saya sajikan disinipun ternyata tidak berkenan bagi anda.
      wassalamu’alaikum…

    1. wah, alhamdulillah, terima kasih pak😉 saya mohon masukan juga nantinya kalau dari DSP ada yang bisa saya share untuk kepentingan teman-teman di seluruh K/L… terima kasih

  5. Salam kenal,saya bertuga di Kanwil XXX Ditjen Jayapura.saya telah menyelesaikan opname fisik di gudang barang persediaan.tinggal membuat Berita Acara nya saja tapi tidak punya soft copy nya.jika ada soft copy Berita Acaram Hasil Opname Fisik saya mohon dikirim ke email saya yg tercantum bersama komentar ini

    terima kasih sebelumnya

    1. halo pak, salam kenal juga…bpk dari ditjen apa ya, saya kebetulan des kemarin main ke kanwil ditjen perben jayapura. saya kebetulan tidak punya softcopynya pak, saya tanya teman2 sekitar saya jg tidak punya…mohon maaf blm bisa bantu…:)

  6. 10 jempol deh buat kamu da….(pinjem jempol anak-anakku…)
    saluut…..!!!!
    sukses selalu da….
    semoga apa yang kamu lakukan berguna bagi yang membutuhkan….

    bangga banget deh aku jadi temen kamu….

    bravo!!!!

    1. aiihhh… jadi malu nih… makasih banyak ya Ki atas supportmu… titip cium buat jagoan2 kecilmu, sukses juga ya buat kamu dan teman2 jajaran Bidang Aklap Kanwil Jakarta… terus semangat!

  7. Assalamulaikum linya udah aku pasang.
    Oh ya boleh kasih saran sedikit tentang blog ibu, klo bisa background jangan warna hitam bu bikin pembaca g nyaman. Lebih baik pakai warna putih, seperti kertas. Coba anda cari tahu psikologi warna di google.🙂

  8. waw…. heubat tenan mbak ida…
    salut deh..
    lagi cari2 bahan tugas akhir eh ngak sengaja baca blog mbak yu, karena penasaran trus… liat profilnya …
    oh ternyata … oh ternyata…
    boleh donk mbak ku jadikan narasumber, nyesel juga nih mbak, napa baru nemu blognya mbak ida sekarang.
    bagaimana mbak… berkenankah?

    matur nuwum sanget mbak….

  9. Assalaamu ‘alaikum wr. wb. Ibu Farida dan Suami yang baik, semoga sehat selalu bersama keluarga. Perkenankan saya untuk bertanya diantaranya sbb:
    1. Bagaimana tips dan cara agar bisa lulus dalam PPAKP BPPK di Cigadog, Bogor yang akan diselenggarakan pada September atau Oktober 2010 nanti?
    2. Bagaimana kiat-kiat sukses dalam mengatur keuangan keluarga secara Syari’ah?
    3. Adakah bank Syariah di Jakarta yang khusus menyediakan KPR untuk PNS Golongan II Kementerian Keuangan RI untuk tahun 2010?
    3. Bagaimana tips untuk mencegah agar anak-anak tidak jajan makanan dan minumanan kimiawi (pengawet, pewarna dan mecin, dll)?
    Demikian pertanyaan saya. Tolong dijawab segera ya, Bu. Jazaakumullooh.

  10. waalaikum salam we. wb.
    Bpk Marwanto yth, saya terus terang langsung tersenyum membaca komentar dan pertanyaan Bapak. Saya mungkin tidak sekompeten yang bapak kira🙂.
    1. Untuk PPAKP BPPK yang e-learning ya pak.. memang belajar dengan multimedia mungkin tidak seperti belajar live ya.. Jika ada pertanyaan atau hal-hal yang ingin kita perjelas agak susah. Saya tidak bisa memberi tips untuk lulus, karena hal seperti ini sangat dipengaruhi oleh kebiasaan cara belajar/menangkap materi.
    2. Saya juga masih meraba-raba dan masih harus banyak belajar untuk hal ini pak, mungkin saya malah pingin mendengar sharing bapak, untuk menambah tips-tips yang selama ini saya kumpulkan dari pakar keuangan🙂
    3. Saya belum mengetahui infonya pak, mohon maaf🙂
    4. Kalau dari pengalaman pribadi saya, mungkin saya lebih banyak membelikan mereka jajanan yang saya rasa cukup aman yang bisa distock di rumah, untuk mengurangi mereka jajan sendiri.
    Wah, benar dugaan saya, saya tidak dapat menjawab semua pertanyaan bapak…hihi…mohon maaf. Bapak jangan kapok untuk berkunjung dan sharing pengalaman di sini ya, akan sangat saya sambut baik.

    Terima kasih banyak bapak, semoga berkenan🙂

  11. asslm, bu mau nanya….punya bahan atau tulisan yang berkaitan dengan penyajian pendapatan dan beban secara akrul basic g y??? terimaksih

    1. waalaikum salam
      kebetulan bahan atau tulisannya tidak ada, kita tunggu saja PP pengganti PP No. 24 Tahun 2005 tentang SAP yang berbasis kas menuju akrual.
      namun jika anda ingin berdiskusi disini silakan, semoga saya bisa membantu🙂

  12. Ass.saya rasa terlalu bnyk aturan tp tdk d jlankan cnthx UU nomor 1 2004,disna d katakan bendahara adalan jbtan Fungsional tp knyatanx smpi skrng g jls,gmn Bendahara bisa menolak printah pimpinan klo yg mengusulkan msh pimpinan K/L,brani menolak DP3 Merah bs2 g bs naik pangkat,dan bnyak PNS menolak pegang SAI,knp?krn tdk sesuai dngan tugas g d emban (berat)1 bln 150 rb itu d instansi saya,mungkin d instansi lain lbh bsr jd semangat ikut PPAKP atau yg lainx

    1. memang setahu saya waktu itu sempat dibahas mengenai jabfung pak, namun ternyata hingga saat ini belum ada, saya tidak tahu berhentinya dimana. tentang honor, kami pun sama, karena memang SBU nya hanya segitu. Namun karena tugas tetap harus dilaksanakan, semoga yg berat bisa terasa ringan jika kita niatkan untuk ibadah🙂

    1. halo juga Mbak…
      seneng sudah dikunjungi… ternyata sudah ada rumah baru ya di WP…selamat-selamat hihi…
      aku belum sempat nengok kelahiran putra ketiga ni…huhu…cium dari jauh buat keponakan2ku ya.

  13. salam kenal mbak, ternyata panjenengan kakak kelas saya di STAN, saya lulus 96 hehehe, dan ternyata juga asalnya sama dari Kediri, tapi saya dari kampung dulu SMA 2 PARE

  14. Ass Mba Ida
    Wah nyambung lagi dengan kawan lama, gak sengaja lagi nyari peraturan Pengelolaan Kas (minggu depan diminta ngajar di Kem PDT), pas nanya paman google ketemu blognya mba Ida. Luar biasa, blognya, saya mohon izin ngambil peraturan terkait Kas. KSAP kurang rame gak ada mbak Ida. Trims
    Wass Wr Wb

    1. waalaikum salam…
      halo paaaakkk…waaah, sdh lama bgt kita ga ketemu ya. ayo pak, kapan ke medan? ditunggu ya.. monggo lho soal peraturan, silakan aja, alhamdulillah kalo bisa bantu.. salam untuk teman-teman seperjuangan ya pak🙂

  15. Assalamualaykum, Bu.ida, ini dari mahasiswa stan yg kebtulan dpt tugas kuliah ttg penerapan PP 71 th 2010, yg menyangkut perubahan basis akuntansi ke Accrual murni. Mau tanya, apakah perubahan basis tersebut dpt berpengaruh terhadap hasil Audit Lap.Keu PEMDA yang saat ini sudah banyak yg WTP akan menjadi WDP atau malah Disclaimer? trmkasih

  16. Ass WrWb
    Mbak, mohon bantuannya untuk mendapatkan data kelulusan diklat PPAKP kelas manajerial angkatan III di jakarta tahun 2010 ?
    Terimakasih atas bantuan Mbak.

  17. Assalamu’alaikum Mba Ida, apa kabar, betah di Medan? Alhamdulillah, setelah 1,5 tahun di jakarta, saya sudah balik lagi ke Bandung kumpul lagi dengan keluarga. Oh ya saya masih punya hutang ngirim CD belajar gambar untuk Hafid. kalau mau alamatnya infokan via e-mail aja ya mba. Salam buat Mas Ahmad.

  18. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Ibu Ida yang baik…smg Alloh SWT senantiasa membimbing kita semua pada jalan yang baik dan benar.
    Mohon maaf ibu, saya seorang auditor yunior dan calon mahasiswa Maksi Sektor Publik…akhir2 ini mendapat tugas ikut team audit dan pendampingan BLU. Padahal selama ini belum pernah tahu dan paham perihal BLU. Terpaksa hrs mencari buku2 yang membahas BLU…tapi ternyata di toko buku masih terbatas sekali buku-buku yang membahas BLU. Maka saya dkk malah timbul keinginan untuk membuat buku yang mengupas tentang BLU. Bagaimana menurut pendapat ibu dan apakah ibu bersedia membantu sekiranya nanti terealisasi niatan kami tersebut? Nuwun
    Wassalam

  19. Salam Hormat,
    Terimakasih ibu Farida untuk blognya sebagai info dan pembelajaran dan sangat bermanfaat bagi saya juga. Terimakasih ya.

  20. assalamualaikum,wr,wb
    salam Hormat,
    semoga ibu Farida selalu dalam Lindungan Allah, Aamiin,,,
    Terimakasih ibu Farida untuk blog media pembelajarannya
    In Shaa Allah bermanfaat skali terutama buat saya yang masih harus banyak belajar,
    boleh tidak buk saya minta bantuan ibu nanti untuk bertanya masalah penelitian pada akuntansi sektor publik, karna saya ingin belajar banyak terutama terkait penelitiannya ibu di magister akuntansi USU?
    kebetulan saat ini saya dalam proses penelitian yang terkait dengan penelitiannya ibu,
    besar harapan saya ibu nantinya bisa berkenan membagi ilmu dan memberi pencerahan terkait akuntansi sektor publik pada saya
    terima kasih sebelumnya
    wassalam,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s